Sebuah produk tidak cukup untuk menjalankan sebuah bisnis. Dalam pelaksanaannya, Anda membutuhkan sebuah rencana yang tepat untuk proses pemasaran.
Proses pemasaran dalam sebuah perusahaan memiliki peranan penting. oleh karena itu, Anda membutuhkan rencana yang tepat dan sesuai dalam menjalankannya
Rencana yang tepat dan sesuai dalam melakukan proses pemasaran dapat membantu Anda dalam meningkatkan bisnis. Rencana pemasaran tersebut disebut juga dengan marketing plan.
Marketing plan adalah istilah yang sangat sering didengar dalam dunia pemasaran. Namun, apa sih pengertian marketing plan? apa manfaatnya bagi sebuah bisnis? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya!
Baca Juga: 5+ Strategi Email Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan!
Pengertian Marketing Plan Menurut Ahli
Untuk penjelasan lebih rinci terkait pengertian marketing plan, berikut beberapa pengertian marketing plan menurut ahli!
1. Philip Kotler
Marketing Plan adalah strategi pemasaran yang memerlukan analisis mendalam untuk mengantisipasi sebuah perubahan di segala aspek pemasaran perusahaan.
2. Kurowski dan Sussman
Marketing Plan adalah laporan hasil analisis situasi pemasaran, peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, pemasaran tindakan, dan juga estimasi pendapatan dan keuntungan lainnya.
3. Sofjan Assauri
Marketing Plan atau yang sering juga disebut dengan rencana pemasaran adalah upaya merumuskan kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran di masa yang akan datang.
Baca Juga: Affiliate Marketing: Model Bisnis Yang Cukup Menjanjikan