Lihat ke Halaman Asli

Nabil Annisa

Content Marketing

Pengertian Riset Pasar hingga Cara Penentuannya

Diperbarui: 11 Juli 2022   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: shutterstock.com/id/g/Chumphontm

Riset pasar atau market research adalah salah satu strategi efektif untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengen mengetahui kondisi pasar yang Anda targetkan, Anda dapat mengetahui permasalahan hingga kebutuhan konsumen yang diinginkan.

Maka dari itu, sebelum memulai atau menjalankan sebuah bisnis, penting bagi Anda mengetahui kondisi pasar yang Anda targetkan. Namun berbicara mengenai riset pasar, apa itu riset pasar? apa saja jenisnya? dan bagaimana cara penentuannya? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasannya!

Baca Juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar adalah aktivitas atas kegiatan pengumpulan data dan analisis untuk menentukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.  Riset pasar harus dilakukan secara sistematis, mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, hingga menjadi laporan hasil analisis pemasaran. 

Fungsi Riset Pasar

Riset pasar adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum merumuskan strategi bisnis. Selain itu, riset pasar memiliki beberapa fungsi, diantaranya: 

  • Evaluating (mengevalyuasi)
  • Understanding (memahami)
  • Predicting (memprediksi)
  • Controlling (mengontrol)

Jenis - Jenis Riset Pasar

Selain fungsi yang digunakan, berikut jenis - jenis riset pasar yang harus Anda ketahui!

  • Riset pasar primer
  • Riset pasar sekunder

Baca Juga: Apa Itu Segmentasi Pasar? Berikut Cara Penentuannya!

Cara Melakukan Riset Pasar

Dalam penentuannya, melakukan riset pasar memiliki beberapa tahapan penting yang harus dipahami. Berikut tahapannya!

  1. Rumuskan masalah
  2. Tentukan desain penelitian
  3. Rancang metode pengumpulan data
  4. Ambil sampel dan kumpulkan data
  5. Lakukan analisis dan interpretasi data
  6. Susun laporan penelitian

Tips Melakukan Riset Pasar

Berikut tips sukses dalam melakukan riset pasar bagi bisnis Anda!

  • Identifikasi buyer persona
  • Lakukan segmentasi pelanggan
  • Siapkan pertanyaan sesuai dengan tujuan penelitian
  • Menganalisis kompetitor
  • Mendapatkan feedback dari konsumen

Kesimpulan

Riset pasar adalah strategi paling penting yang harus dilakukan sebelum memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Riset pasar memiliki 2 jenis, yaitu riset pasar primer dan sekunder.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline