Lihat ke Halaman Asli

Rifqoh NasywaNabila

Mahasiswi Ilmu Al-Qur:an dan Tafsir/UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Bangun Desa: KKM Baswara Gotong Royong Bangun Gedung Pesantren bersama Warga

Diperbarui: 29 Desember 2022   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 01: KKM Baswara bergotong royong dengan warga pada Minggu (25/12/22) - Dok. pribadi

Malang-Kuliah kerja mahasiswa selalu identik dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Mulai dari yang bersifat keagamaan, pendidikan, hingga pembangunan. Termasuk kegiatan yang melibatkan Kelompok KKM UIN Malang 167 'Baswara' yang bertempat di Desa Talok, Kecamatan  Turen. Satu minggu dari pembukaan, kelompok KKM yang beranggotakan 16 orang mahasiswa ini, telah terjun secara langsung dalam kegiatan-kegiatan masyarakat khususnya yang bertempat di kawasan RW .01 Dusun Madyorenggo, Desa Talok, Kecamatan Turen. 

Dari sekian banyak program kerja yang telah dipersiapkan sebelumnya, telah dilakukan otentikasi dengan perangkat desa setempat dan diubah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi desa. Salah satu program kerja yang sudah berjalan di bidang keagamaan adalah Tadarus Al-Qur'an yang dilakukan setiap selesai shalat berjamaah di musholla setempat. Dikarenakan libur pergantian semester di jenjang sekolah dasar, menjadikan beberapa program kerja khususnya di bidang pendidikan mengalami ketertundaan. Namun, dengan adanya jalinan komunikasi yang baik dengan perangkat desa setempat, menjadikan kegiatan selama KKM semakin bervariasi. salah satu kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat adalah pengecoran pada Minggu (25/12/22).

Pengecoran dilakukan secara gotong royong untuk membantu terlaksananya pembangunan gedung baru di Pondok Pesantren An-Nur Hidayatullah. Adapun yang terlibat langsung alam kegiatan ini adalah anggota laki-laki. Sementara anggota perempuan ditugaskan untuk membantu ibu-ibu untuk menyiapakan konsumsi.

Gambar 02: Anggota perempuan membantu menyediakan konsumsi - Dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline