Lihat ke Halaman Asli

Nabila Mutiara Putri Berhasil Lolos dalam Seleksi Beasiswa Sekolah Duta Maritim, Aspeksindo 2023

Diperbarui: 2 September 2023   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@maximaz.en on IG

Pelajar asal SMA Swasta Al-fityan School Medan, Nabila Mutiara Putri meraih prestasi dengan lolos menjadi salah satu delegasi wilayah Sumatera Utara dalam ajang pemilihan Beasiswa Sekolah Duta Maritim Indonesia Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-17 Agustus 2023 di Jakarta.

Kegiatan pemilihan duta maritim ini sendiri digagas oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) dengan tujuan untuk membangun jiwa keingin tahuan para generasi muda dalam melestarikan potensi kemaritiman Indonesia dengan mengembangkan inovasinya serta mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sebelum penentuan kelolosan peserta, seleksi berlangsung selama hampir 3 bulan diikuti oleh 651 peserta dan sekitar 551 peserta yang di eleminasi sehingga mencukupi kuota yang sudah ditentukan yaitu 100 finalis se-Indonesia.
Beberapa tahap seleksi telah dilewati mulai dari seleksi administrasi lalu proses wawancara secara daring hingga pembuatan video vlog yang memaparkan terhadap potensi laut di wilayah masing-masing.

"Dalam pembuatan video vlog, saya memilih wilayah kota Tanjung Balai sebagai daerah yang ingin saya tingkatkan lagi potensi kelautannya, dan tidak lupa pula mensosialisasikan edukasi untuk para generasi muda agar lebih peduli terhadap pelestarian dan kebersihan laut di daerah nya melalui digitalisasi di bidang maritim" jelasnya.(9/8)


Tanjung Balai yang juga dikenal dengan sebutan "Kota Kerang" mencuri pandangan seorang pelajar yang biasa dipanggil Nabila ini untuk bisa berkontribusi dalam mendukung suksesnya ekonomi biru terkhusus di bidang pengembangan dan pemanfaatan kerang tadi. Beliau pun berkata bahwa dia tentunya akan berkontibusi untuk Provinsi Sumatera Utara dan tidak hanya di wilayah Kota Tanjung Balai saja.

Hal ini menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Nabila dapat mewakili kota Medan ke tingkat nasional dengan membawa topik kemaritiman. Melalui kegiatan ini tentunya akan saling bertukar pikiran antara pemuda pemudi se-Indonesia yang lolos menjadi finalis dalam kegiatan ini.

"Saya panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT dan ucapan terimakasih kepada seluruh dukungan-dukungan yang saya peroleh, baik itu keluarga, guru kelas, teman-teman seperjuangan dan tidak lupa pula kepada sekolah SMAIT Al-fityan School Medan yang saya banggakan. Dukungan kalian semua tentunya akan sangat berguna dalam mendorong semangat juang saya di kegiatan kali ini" ungkapnya.

Sedikit gambaran dalam kegiatan kali ini, para delegasi akan mengikuti karantina selama kurang lebih seminggu mulai dari tanggal 11- 17 Agustus tahun 2023 berlokasi di Gedung DPR/MPR RI Jakarta Pusat, bertepatan pula dengan perayaan HUT ke VI ASPEKSINDO.
 Peserta akan diberi edukasi pemahaman terhadap dunia kemaritiman lebih dalam lagi dengan mendatangkan tokoh-tokoh penting negara sebagai pembicara serta pembekalan materi oleh para pengurus ASPEKSINDO untuk menambah wawasan para finalis tentunya.

"Dengan amanah yang sudah diberikan ke saya sebagai duta maritim mewakilkan kota Medan Sumatera Utara, pastinya saya akan memberikan yang terbaik dan mengemban tugas dengan sebaik-baiknya yang sekiranya berupaya membuat indonesia menjadi negara poros mairitim dunia. Karna satu laut, sejuta manfaat, Horas!!" pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline