Lihat ke Halaman Asli

Program Kampus Merdeka - MSIB

Diperbarui: 2 Januari 2024   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Studi Independen MyEduSolve Batch 5/Dok pribadi

Program Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah minat dan bakatnya di luar kampus. MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi.

Salah satu program MSIB yang banyak diminati oleh mahasiswa adalah program Studi Independen di MyEduSolve. MyEduSolve sebagai institusi yang bergerak di bidang pendidikan, memiliki tujuan untuk mewujudkan transformasi angkatan kerja Indonesia yang memiliki daya saing tinggi dan memiliki kecakapan digital. Agar dapat mewujudkan literasi digital di kalangan mahasiswa IndonesiaMyEduSolve dikembangkan oleh PT. Dwi Inti Putra. MyEduSolve menyediakan program Studi Independen Bersertifikat selama kurang lebih 4 bulan dengan beberapa jalur pembelajaran atau pathway yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu Data Analyst dan UI/UX Designer.

Pada MSIB Batch 5 ini, penulis memilih pathway Data Analyst di MyEduSolve. Pathway Data Analyst mempelajari materi mengenai pemahaman dan keterampilan dalam pengolahan data dalam jumlah besar untuk mengidentifikasi trend ataupun informasi lainnya. Terdapat 4 materi pembelajaran di pathway Data Analyst yaitu :

  • Database Management 
  • Fundamentals of Data Visualization 
  • IT Specialist: Python 
  • IT Specialist: Data Analytics 

Tidak hanya kelas pathway Data Analyst, MyEduSolve juga menyediakan Kelas Mentoring yaitu Group Mentoring, 1on1 Career Mentoring. Melalui 2 jenis kelas mentoring terserbut, diharapkan para peserta mengetahui dan memiliki soft skills yang wajib dimiliki di abad ke-21, peserta mampu mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam pencarian kerja, mampu mengoptimalisasi pemanfaatan media sosial yang biasa digunakan oleh profesional di dunia kerja, mampu berkomunikasi secara berkelompok, mampu melakukan manajemen pembagian tugas dalam memecahkan suatu masalah serta mampu berkolaborasi dalam menciptakan sebuah solusi.

Di penghujung program, MyEduSolve mengadakan Capstone Project, dimana peserta akan mengerjakan project secara berkelompok selama 4 minggu. Hasil yang diharapkan berupa project output (sesuai dengan permintaan client), laporan akhir, dan materi presentasi pada saat demo day. Melalui Capstone Project, diharapkan para peserta mampu memahami instruksi pada project brief, mampu menerapkan konsep dan pengetahuan yang dipelajari, mampu menghasilkan solusi dan/atau inovasi, mampu menganalisis kelebihan dan kekurangan dari solusi dan/atau inovasi yang dibuat serta mampu membagi peran dan tanggung jawab dalam satu tim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline