Lihat ke Halaman Asli

Nabila Jihan

universitas negeri malang

FTV (FIK Goes to Village) 2023

Diperbarui: 8 April 2023   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

FTV atau FIK Goes To Village merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial Kemasyarakatan BEM FIK UM periode 2023 yang sebelumnya dikenal dengan sebutan bina desa. Kegiatan ini bertema “Optimalisasi Potensi Desa Pagelaran Melalui Taman Wisata Edukasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dengan Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Hijau” dilaksanakan di Dusun Sumbergempol, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang pada tanggal 17-19 Maret 2023.

Alasan memilih desa Pagelaran dan dusun Sumbergempol dijelaskan oleh ketua pelaksana FTV dalam wawancaranya. “... yang pertama karena rekomendasi dari beberapa teman BEM untuk beberapa desa, salah satunya adalah desa Pagelaran ini. 

Jadi kita research dulu, kemudian menemukan beberapa urgensi di bidang kesehatan dan juga keolahragaan yang ada di desa tersebut. Lalu kita konsultasi dengan bapak kepala desa terkait permasalahan-permasalahan, tingkat keaktifan masyarakat dalam bidang kesehatan dan keolahragaan yang notabennya masih relevan dengan jurusan yang ada di fakultas ilmu keolahragaan. Kemudian dari kadesnya membebaskan kita untuk memilih dusun mana yang mau diambil, salah satunya dusun Sumbergempol ini,” ucap Fryda.

Melihat urgensi yang ada di Dusun Sumbergempol, kami menyusun suatu susunan kegiatan yang akan dilaksanakan mulai dari pembukaan hingga penutupan acara. Adapun kegiatan inti dari FTV antara lain, sosialisasi ke sekolah, senam maumere, kegiatan games dan outbond, sosialisasi dan demonstrasi tanaman TOGA, pembuatan tanaman TOGA, olahraga bersama (sepak bola), dan kerja bakti.

Pada saat melakukan kegiatan kami disambut dengan baik oleh warga desa, termasuk kepala dusun dan kepala desa. Mereka memiliki harapan yang bagus untuk mahasiswa yang datang melakukan kegiatan di desa pagelaran. Selain itu, mereka juga bersemangat dan excited terhadap program kerja FTV yang diadakan oleh BEM FIK UM periode 2023 karena di dusun Sumbergempol baru pertama kali diadakan kegiatan mahasiswa.

“Alhamdulillah, anak-anak dari UM terkait kegiatan di dusun Sumbergempol ini pada kompak dan keseluruhan itu semuanya pada teratur ya. Saya juga banyak berterima kasih bisa mengompakkan kalian di dusun-dusun sini,” ucap pak Mukhlis sebagai kepala dusun.

Dengan pelaksanaan program kerja FTV tahun 2023 di dusun Dusun Sumbergempol, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, terdapat beberapa pesan dan harapan yang disampaikan oleh ketua BEM FIK UM periode 2023 dalam waw

“... Alhamdulillah kegiatan FTV berjalan dengan lancar. Untuk kedepannya, harapan program yang kita bawa ke desa Pagelaran bisa bermanfaat bagi warga sekitar dan itu tujuan utama dari pelaksanaan program ini. Semoga di tahun depan program kerja FTV yang akan dilaksanakan bisa lebih variatif dan inovatif dari pemilihan desa dan susunan kegiatan yang akan dikelola,” ucap Rama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline