Lihat ke Halaman Asli

Nabilah Sarah Atikah

Mahasiswa Universitas Airlangga

Insiden Terbaliknya Bendera Merah Putih pada Ajang SEA Games Kembali Terulang

Diperbarui: 11 Mei 2023   00:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

detikSport

Insiden bendera merah putih terbalik  pada ajang pagelaran SEA games kembali terjadi. Insiden tersebut terjadi pada saat dilaksanakannya Pra upacara pembukaan atau pre opening ceremony SEA Games 2023 di Stadion Nasional Marodok Techo, Phnom Penh, Kamboja. 

Hal tersebut tentu menjadi perhatian warga terutama masyarakat indonesia yang menyaksikan. Pasalnya pada video yang telah beredar, warna merah terlihat berada di bawah, sementara warna putih berada di atas, seperti bendera Polandia. 

SUMEKS.CO

Momen itu terjadi ketika salah satu penyanyi Kamboja tampil dengan iringan penari yang membawa bendera para peserta SEA Games 2023. Kejadian bendera Indonesia yang terbalik, bukan merupakan kejadian pertama kali. Insiden bendera merah putih terbalik juga pernah terjadi di SEA Games 2017 yang digelar di Malaysia. 

Perbedaannya yaitu ketika di malaysia insiden terbaliknya bendera Indonesia itu terdapat pada buku panduan pelaksanaan SEA Games yang dibagikan kepada para pejabat yang hadir pada upacara pembukaan. Tepatnya terletak pada halaman ke-80, bendera Merah Putih dicetak terbalik menjadi putih merah. 

Dari kejadian tersebut, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo atas insiden bendera terbalik. Permintaan maaf tersebut disampaikan saat Jokowi dan Hun Sen bertemu di KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT. Momen permintaan maaf Hun Sen itu diceritakan oleh Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers tertulis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline