Lihat ke Halaman Asli

Nabilah Dinah Fikriyyah

Mahasiswa di Universitas Teknologi Digital

BAB II Kajian Pustaka: Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan

Diperbarui: 15 Mei 2024   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

            BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Kinerja

Rivai (2014:309) menyatakan bahwa pengertian kinerja adalah: "Kinerja adalah prestasi kerja yang dihasilkan oleh tindakan nyata pegawai sesuai dengan peranannya dalam memenuhi tanggung jawabnya dalam perusahaan".

Wibowo (2017:7) menjelaskan pengertian kinerja adalah: "Melakukan pekerjaan untuk mencapai hasil kerja. Kinerja adalah tentang segala sesuatu pekerjaan yang dilakukan dan bagaimana pekerjaan itu dilakukan".

Menurut Edison (2017:188) mengatakan bahwa kinerja adalah suatu proses dan mengacu pada syarat atau kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu.

Dari ketiga pendapat mengenai pengertian kinerja di atas dapat diketahui bahwa kinerja mengacu pada prestasi kerja yang dicapai pegawai dalam menyelesaikan tugasnya dalam waktu yang ditentukan.

2.1.1 Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinerja

Menurut (Simanjuntak, 2015) faktor -- faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu kualitas dan kemampuan pegawai, sarana pendukung serta supra sarana.

1. Kualitas dan Kemampuan Pegawai, suatu proses kerja yang memiliki nilai secara efektivitas dan efisiensi serta kemampuan dan pemahaman karyawan dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai meningkatkan kualitas kinerja yang baik.

2. Sarana Pendukung, adalah segala sesuatu alat yang digunakan untuk mencapai makna dan tujuan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Supra Sarana, untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline