Lihat ke Halaman Asli

Sadarkan Dirimu dan Hadapi SDGs (Sustainable Development Goals)

Diperbarui: 10 April 2019   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu SDGs (Sustainable Development Goals)?

Sustainable Development Goals merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh PBB pada tangga 25 September 2015 yang disebut Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Agenda ini bertujuan sebagai pondasi dalam pembangunan global. Ada 17 tujuan utama yang ingin dicapai dalam program ini dengan 169 target yang terdiri dari masing-masing sektor seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Program ini merupakan kesepakatan seluruh bangsa yang bergabung menjadi anggota PBB. Tema dari program tersebut yaitu "Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan". Dari tema tersebut dapat kita lihat adanya target pencapaian pada tahun 2030. Pada tahun 2030 diharapkan kehidupan dunia dapat menjadi lebih baik.

Program SDGs (Sustainable Development Goals) atau Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dapat dikatakan sebagai pembaruan dari Millenium Development Goals (MDGs) Namun, berbeda dari pendahulunya Millenium Development Goals (MDGs). Jika pada Millenium Development Goals (MDGs) cenderung berfokus pada kemiskinan, SDGs (Sustainable Development Goals) dikatakan bersifat mencakup seluruh sektor. Pada Millenium Development Goals (MDGs) yang berperan aktif yaitu negara berkembang dengan bantuan finansial dari negara maju sedangkan pada SDGs (Sustainable Development Goals) berlaku universal yang artinya seluruh dunia dituntut untuk saling bekerja sama dalam program ini. 

Dengan program ini, ada harapan besar untuk memperbaiki kehidupan dan kesejahteraan di dunia karena sifatnya yang menyeluruh. Jika dapat berjalan baik, semestinya program ini mampu memberi dampak yang baik bagi segala sektor kehidupan, serta semestinya ada perubahan yang lebih signifikan dibandingkan program sebelumnya yang dinilai memiliki banyak kekurangan yang telah disempurnakan dengan program SDGs (Sustainable Development Goals). 

Untuk menyukseskan atau menjamin berjalannya program ini dengan baik, tentunya diperlukan partisipasi dari seluruh masyarakat dunia yang terlibat dalam program ini. Sebagai masyarakat dunia yang bijaksana, sudah semestinya kita ikut serta dan berperan aktif dalam program ini. Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap generasi memiliki anaknya masing-masing. 

Sebagai anak yang lahir di zaman sekarang yang disebut millenial, apa-apa saja yang perlu kita lakukan dalam keikutsertaan kita dalam menyukseskan program ini? Sebelum melaksanakan keikutsertaan kita dalam program ini, tentunya kita harus mengetahui tujuan-tujuan dari program SDGs (Sustainable Development Goals). Mari kita uraikan beberapa tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) itu sendiri.

Apa-apa saja tujuan (Goals) SDGs (Sustainable Development Goals)?

  1. Mengakhiri kemiskinan di manapun dan dalam semua bentuk

Tujuan yang pertama yaitu mengakhiri kemiskinan di manapun dan dalam bentuk apapun. Dalam hal ini PBB ingin mengakhiri kemiskinan yang kerap terjadi. Namun, yang harus digaris bawahi adalah dalam semua bentuk. Artinya kemiskinan dalam bentuk apapun haruslah diakhiri. Salah satu targetnya yaitu "memastikan semua penduduk, terutama penduduk miskin dan rentan mendapat hak setara mengakses sumber ekonomi (seperti halnya hak layanan dasar), kepemilikan dan akses pada lahan. Memastikan mereka memperoleh akses teknologi". 

Membaca target tersebut kita mungkin berpikir bahwa targer tersebut hanya dapat dicapai melalui tangan pemerintah saja. Mungkin apa yang ada di pikiran kita tidaklah salah. Namun, bukan tidak mungkinkita dapat berperan dalam pencapaian target tersebut. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan misalnya kita ketika kita mendapati suatu wilayah yang masih dianggap kurang mendapat akses teknologi, kita dapat melakukan langkan berupa upaya untuk dapat memastikan bahwa wilayah tersebut tidak luput dari perhatian pihak yang berwenang (mungkin dalam hal ini adalah pemerintah). Dengan peran seperti itu, kita dapat menjadi kontrol dalam pencapaian target dalam program ini.

2. Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan mendukung pertanian berkelanjutan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline