Lihat ke Halaman Asli

NABILAH FIKRI

pejuang preklinik

Pengajaran Mengaji dan Hikmah Ramadhan Bersama TPQ Al-Hidayah oleh Mahasiswa PMM UMM di Masjid Al-Hidayah

Diperbarui: 26 April 2022   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Malang- Sebagai salah satu bentuk implementasi ilmu dan pengabdian kepada masyarakat, maka Universitas Muhammadiyah malang (UMM) menyeleggarakan kegiatan bernama Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Selama kegiatan PMM, kelompok 58 gelombang 3 dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Agista Nidya Wardani, S.S., S.Pd.,M.A. Kelompok PMM 58 ini memiliki program kegiatan Ramadhan yang salah satunya berupa membantu mengajar TPQ Al-Hidayah sebagai wujud pengamalan nilai-nilai keismalan yang telah didapatkan dalam perkuliahan selama 6 semester ini.

Kegiatan ini dilakukan guna membimbing adik-adik TPQ agar bisa membaca Al-Qur’an dengan lebih baik lagi sesuai dengan kaidah Tajwid dan Makhorijul Huruf. Serta membuat adik-adik TPQ lebih semangat untuk belajar lebih dalam mengenal ilmu Al-qur’an. Dengan dampingan Ustadz Najib kegiatan mengajar TPQ dilakukan hari Senin - Rabu  setiap sore pukul 16.00 – 17.00 WIB, sembari menunggu waktu berbuka bertempat di Masjid Al-Hidayah Kecamatan Tunggulwulung Dusun Pohpayung, Kota Malang.

Dokpri

Proses pembelajaran dilakukan dengan mengimplementasikan sistem reward. Setelah selesai pembelajaran anak-anak diberikan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahamannya. Bagi siapapun yang bisa menjawab akan mendapatkan apresiasi berupa hadiah dan pujian. Dengan sistem reward seperti ini anak-anak tampak lebih antusias dan semangat dalam memperhatikan materi tajwid yang diberikan.

"Alhamdulillah mbak terimakasih telah membantu anak-anak disini selama beberapa hari, saya harap dengan adanya mbak-mbak disini anak-anak bisa lebih semangat untuk belajar ilmu Tajwid dengan baik dan benar, sehingga saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an Makhorijul Hurufnya bisa terdengar bagus dan benar” ujar ustadz Najib selakupengajar TPQ Al-Hidayah.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline