Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Obat Tradisional Jamu bersama Anak Panti Asuhan An-Nur

Diperbarui: 24 April 2022   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki salah satu kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa), Kegiatan ini adalah sarana bagi Mahasiswa yang ingin terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan kegunaan ilmu yang telah di dapat selama berkuliah dan mengaplikasikannya ke dalam masyarakat dengan bimbingan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang dibagi pada setiap kelompok.
Pada kelompok 32 Gelombang 3 kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Panti Asuhan An-Nur JL. Gading Kuning,Kec.Pakis. Malang. Jawa Timur.

     Kegiatan PMM ini memiliki tema "Pembuatan Obat Tradisional Jamu bersama Anak panti "

Pengobatan herbal kunyit asam jawa adalah salah satu herbal tradisional yang diketahui publik. Minuman herbal ini memiliki rasa manis, menyegarkan dan memiliki sifat luar biasa untuk tubuh. Pada Umumnya minuman herbal ini dijual di pasar melalui toko obat herbal tradisional,obat herbal banyak menjual ke toko herbal modern yang menjualnya secara instan.

Meskipun obat herbal ini sudah ada sejak lama, tetapi sampai sekarang asam kunyit masih disukai oleh rakyat Indonesia. Bahkan minuman ini menjadi sangat baik di kalangan tertentu.

Pengobatan herbal kunyit asam adalah obat herbal  terbuat dari asam kunyit dan asam dapat menyegarkan tubuh. Sifat kunyit dan asam dapat membuat tubuh tetap dingin sehingga menyebabkan efek baru. Obat herbal ini juga dapat menghindari tubuh dari panas  dan membuat perut menjadi segar.

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak Panti   bahwa untuk meningkatkan daya tahan tidak hanya dengan mengambil obat konvensional, mempertahankan gaya hidup sehat, dan juga berolahraga secara teratur.

Pembuatan jamu herbal sangat mudah dan bahan yang digunakan mudah didapat. Bahan yang digunakan hanyalah kunyit,Asam jawa dan  gula merah.
Kandungan Nutrisi yang ada diri Jamu Kunyit Asam ini yaitu :
Kunyit :

- Kalori- Protein- Lemak
- Karbohidrat
- Serat
- Gula
- Zat besi
- Potasium
- Vitamin C

Asam Jawa :

- Magnesium
- Potasium
- Zat besi
- Kalsium
- Vitamin B1
- Vitamin B2
- Vitamin B3

jamu ini memiliki banyak manfaat termasuk menjaga kesehatan dan menghangatkan tubuh dll. Pengobatan herbal ini jika dikonsumsi secara teratur akan memberi efek yang baik terhadap tubuh. Seperti bisa mengobati deman, meredakan flu, batuk, dan menghilangkan bau badan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline