Lihat ke Halaman Asli

Sayur Asam, Sayur Legendaris dengan Filosofi Menarik

Diperbarui: 3 September 2021   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sayur Asam Khas Dayak (cookpad.com)

Sayur asam, makanan legendaris ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak suku. Setiap suku di Indonesia memiliki beraneka ragam budaya.  Hal tersebut menjadikan setiap daerah di Indonesia memiliki kreasi sayur asem yang berbeda-beda. 

Sayur asem merupakan sayuran yang sering hadir dalam masakan di rumah. Tapi siapa sangka kalau sebenarnya sayur asam memiliki filosofi yang cukup menarik lho. Sayur asem memiliki filosofi yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Sayur asem menggambarkan keanekaragaman. 

Hal tersebut dapat dilihat dari isi sayur asem yang beraneka ragam mulai dari biji-bijian sampai sayuran misalnya kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, daun melinjo. Meskipun memiliki beraneka ragam isi, rasa sayur asem tetap menyatu sehingga nikmat untuk dimakan.

Membahas tentang sayur asam, disini kita akan membagikan resep dan tips sayur asam khas dayak yang mungkin bisa Anda coba. 

Bahan-bahan:

1 kilo ikan patin, potong-potong

5 buah kacang panjang, potong-potong

2 jari kol putih

1 buah mentimun ukuran kecil

1 buah terong asam

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline