Lihat ke Halaman Asli

Parenting Pencegahan Stunting: Pengasuhan Tepat untuk Mencetak Generasi Penerus yang Cemerlang, Program Kerja Kelompok KKM 201 UIN Malang

Diperbarui: 3 Februari 2024   09:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pencegahan stunting merupakan salah satu tema yang diangkat oleh kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2024. Stunting sendiri merupakan salah satu permasalahan status gizi kurang pada balita, yang apabila tak ditangani dapat berlanjut bahkan setelah masa balita. Adapun beberapa faktor yang memengaruhi stunting, salah satunya adalah pola asuh orang tua atau bisa disebut sebagai parenting. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya pencegahan stunting, kelompok 201 KKM UIN Malang berinisiatif untuk mengadakan seminar parenting dengan anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Pandanlandung sebagai sasarannya, dimana sebagian besar anggotanya adalah para ibu yang dianggap sebagai pendidikan pertama dan orang yang paling dekat dengan anak.

Seminar parenting ini mengangkat tema pengasuhan tepat untuk mencetak generasi penerus yang cemerlang dengan mengundang narasumber ibu Fuji Astutik, M.Psi, Psikolog, salah satu dosen psikologi UIN Malang. Dalam seminar ini, dijelaskan berbagai materi tentang pola asuh yang tepat pada anak, salah satunya menggunakan hierarki kebutuhan maslow, mulai dari aktualisasi diri, harga diri, rasa cinta memiliki dan dimiliki, rasa aman dan perlindungan, serta kebutuhan fisiologis yang dibutuhkan oleh anak. Adapun penjelasan tentang tantangan orang tua milenial, juga peran ibu dan ayah di dalamnya. Dimana semua materi yang disampaikan sekiranya penting dalam setiap aspek pola asuh tepat yang dapat diterapkan oleh orang tua pada anaknya.

Dok. pribadi

Seminar parenting yang telah diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 7 Januari 2024 di Balai Desa Pandanlandung ini diharapkan mampu memberikan bekal dan edukasi pada orang tua, bahwa pengasuhan yang diberikan akan memengaruhi cara berpikir, berperilaku, dan mengambil keputusan sepanjang kehidupan anak nanti. Adapun pesan berkesan yang disampaikan oleh ibu Fuji, bahwa tidak ada pengasuhan yang sempurna, tetapi memberi pengasuhan terbaik bagi anak bisa diusahakan. Sebagai penutup, seminar parenting ini diakhiri oleh Resep Pola Asuh Spesial ala ibu Fuji.

Penulis : Nabila Faiz Sudarto

Editor : Maghfirotul Mutsaniyah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline