Lihat ke Halaman Asli

Mengenalkan Nilai-nilai Pancasila melalui Ecoprint: Kelompok KKN UNNES Giat 9 Mengajak Anak-anak dalam Membuat Canvas Bag Ramah Lingkungan

Diperbarui: 12 Agustus 2024   04:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Kegiatan Pembuatan Ecoprint bersama Anak-Anak TPQ Al-Bashoir/dokpri

Mengajak anak-anak untuk berkreasi sambil belajar mengenai lingkungan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat memberikan edukasi. Salah satu cara kreatif yang kini banyak digunakan yakni teknik ecoprint. Bagi anak usia 7-12 tahun, kegiatan ini bukan hanya memberikan pengalaman artistik, tetapi juga memperkenalkan mereka pada konsep ramah lingkungan sejak dini. 

Apa sih Ecoprint itu?

Ecoprint merupakan teknik mencetak pola pada kain dengan menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, atau ranting. Dalam proses ini, pigmen alami dari tanaman dipindahkan ke kain melalui proses perebusan atau penekanan (dipukul menggunakan palu kayu atau balok kayu). Hasilnya adalah pola-pola unik yang alami berasal dari bahan-bahan yang alami.

Mengapa Canvas Bag?

Media berupa canvas bag digunakan karena cocok dengan teksturnya yang menyerap warna dengan baik. Selain itu, tas kanvas dapat digunakan berkali-kali, sehingga dikatakan ramah lingkungan. Lagipula, untuk anak di usia 7-12 tahun menggunakan tas kanvas hasil karya mereka sendiri akan memberikan kepuasan bagi mereka, sekaligus mengajarkan mereka tentang pentingnya mengurangi penggunaan plastik.

Langkah-Langkah Membuat Ecoprint dengan media Canvas Bag 

  1. Persiapan alat dan bahan: 

  • Canvas bag berwarna putih atau terang;

  • Daun, bunga, atau ranting segar;

  • Palu, balok kayu, batu atau alat pemukul lainnya;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline