Lihat ke Halaman Asli

Nabila Eka

Pelajar

Langkah Awal untuk Memberi Dampak, Cara Membuat Akun di Website Kompasiana.com

Diperbarui: 21 Agustus 2024   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ini adalah kali pertamanya saya menulis di kompasiana, karena sebelumnya hanya menulis di medium. Ini adalah sebuah tugas bahasa indonesia, sebelumnya saya belum tau bagaimana cara untuk membuat akun di website kompasiana. Namun akan saya coba untuk menulis dan berbagi tentang karya yang saya tuliskan ini. Dan sebelum memulai menulis, saya akan memberikan tutorial kepada kalian cara membuat akun di dalam Kompasiana.com. berikut langkahnya :

2. Lengkapi data diri anda mengunakan data yang sesuai dengan milik anda. 

3. Setelah itu jangan lupa untuk memasang foto profil dengan ukuran 200x200 pixel dan 2 mb. 

4. Isi data sesuai dengan kartu pelajar / ktp / kartu mahasiswa sesuai dengan kartu yang anda punya. 

5. Mulai tulis artikel apa saja yang kalian inginkan. 

Menulis merupakan salah satu media pembelajaran. Tahapan menulis perlu kita ketahui sebelum menulis akan sesuatu hal. Sebagaimana yang dijelaskan dalam literatur lama. Menurut Tompkins tentang langkah menulis, ada 5 tahapan kegiatan dalam menulis dengan menggunakan pendekatan proses, yaitu prewritting (pra menulis), drafting (draft), revisi, dan editing dan publikasi. Proses didalam menulis perlu di perhatikan dan jika melakukan kesalahan harap di perbaiki sebelum tahap publish, kalaupun kita melakukan kesalahan kita harus memperbaikinya.

Sekiranya menulis bukanlah sesuatu yang gampang dan mudah akan tetapi membutuhkan proses. Sebagaimana Menurut Bower dan Hilgard, Jika perilaku (perubahan hasil belajar) sering dilatih atau digunakan, maka eksistensi perilaku tersebut akan semakin kuat (law of use). Sebaliknya, jika perilaku tidak sering dilatih atau digunakan, maka akan terlupakan atau sekurang-kurangnya akan menurun (law of disuse). Artinya semakin sering siswa diberi kesempatan berlatih menulis, tentulah mereka akan semakin terampil menulis. Maka dari itu jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar.

Terima kasih saya ucapkan untuk guru bahasa indonesia SMA Negeri 1 Jombang yang telah memberitahu saya sebagaimana ini. Dengan harapan dan tujuan yang baik. Semoga bisa membantu dan memimprove tulisan saya. 

Selamat belajar menulis dan berkarya, Teman!! Semangat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline