Lihat ke Halaman Asli

nabila dwifi

Bachelor of Communication Science

Menelisik Gedung Kesenian Soetedja Purwokerto

Diperbarui: 13 Juni 2023   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto diambil Rabu, 31 Mei 2023. Gedung Kesenian Soetedja, Purwokerto. dok pribadi

Purwokerto, 31 Mei 2023 – Menelisik Gedung Kesenian Soeteja yang terletak di Karanganyar, Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas yang merupakan gedung kesenian yang digunakan untuk pertunjukan seni seperti teater, tari, dan sejenisnya. Gedung kesenian soetedja sebelumnya berlokasi di Pasar Manis, Purwokerto Barat yang kemuadian dipindahkan ke tempat baru yaitu Karanganyar, Purwokerto Selatan. Gedung Kesenian Soetedja diresmikan pada tahun 2017.

Gedung Kesenian Soetedja memiliki lahan yang cukup luas dengan dikelilingi oleh pemukiman penduduk lokal. Namun, perlu diketahui pula bahwa pemukiman penduduk tersebut tidak dibatasi secara baik dan benar. Dapat dilihat secara langsung bahwa antara gedung dan rumah warga berada bersebelahan tanpa ada batas yang jelas.

Selain itu, terdapat bebrapa fasilitas yang kurang difungsikan sebagaimana mestinya seperti, panggung teater terbuka yang berada di belakang gedung yang juga dipakai unutk pengguna skateboard. Padahal seharusnya keduanya dapat dipisahkan. Sehingga fungsi utama dari panggung teater terbuka tersebut dapat digunakan dengan benar.

Gedung Kesenian Soetedja ini juga memiliki fasilitas lain yaitu, pendopo yang dapat digunakan untuk beristirahat bagi para pengunjung serta sanggar atau sekre bagu para seniman yang datang ke Gedung Kesenian Soetedja ini. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline