Lihat ke Halaman Asli

Nabila Ayu Lestari

Universitas Yarsi

Mari, Mengenal Produk yang Ada di Perbankan Syariah!

Diperbarui: 30 Mei 2024   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.ayoksinau.com/

Perbankan termasuk ke dalam lembaga keuangan yang di mana kegiatan utamanya adalah melakukan penghimpunan dana dari masyarakat dan kembali menyalurkan dananya ke masyarakat berupa jasa bank. Perbankan yang di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu dua jenis yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank syariah yang didirikan untuk melarang pengambilan riba dalam transaksi keuangan dan non keuangan.

Pertumbuhan perbankan syariah yang ada di Indonesia berkembang dengan pesat. Tetapi masih banyak juga masyarakat yang masih belum berminat menggunakan bank syariah. Karena banyaknya masyarakat yang belum mengetahui apa saja produk yang ada di bank syariah. Walaupun produk perbankan syariah sesuai dengan prinsip Islam, hal tidak menjadikan suatu alasan produk syariah tidak memiliki keuntungan bagi masyarakat.

Berikut ini merupakan beberapa produk yang ada di bank syariah, seperti:

*            Mudharabah

Mudharabah secara bahasa berasal dari kata dharb yang artinya melakukan perjalanan yang umumnya untuk berniaga. Mudharabah adalah pembiayaan yang disalurkan oleh bank syariah kepada pihak lain untuk suatu usaha yang produktif. Mudharabah juga dapat didefinisikan sebagai akad kerja sama suatu usaha antara dua pihak di mana pihak pertama (shahibul mal) mempercayakan seluruh modalnya kepada pengelola (mudharib), dengan suatu perjanjian yang terdapat pembagian keuntungan. Mudharabah terbagi dalam tiga jenis yaitu:

a. Mudharabah Muqayyadah

Mudharabah muqayyadah merupakan sebuah kerja sama antara pemilik dana dan pengelola, dengan kondisi pengelola dikenakan pembatasan oleh pemilik dana dalam bentuk tempat, cara, dan objek investasi.

b. Mudharabah Muthlaqah

Mudharabah muthlaqah merupakan sebuah kerja sama antara pemilik dana dan pengelola tanpa adanya pembatas oleh pemilik dana dalam bentuk tempat, cara, dan objek investasi.

c. Mudharabah Musytarakah

Mudharabah musytarakah merupakan sebuah mudharabah yang pengelolaan dananya menyertakan modal atau dana dalam bentuk kerja sama investasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline