Lihat ke Halaman Asli

Nabila Auliyah

Mahasiswi - Universitas Darussalam Gontor

Tumbuhan Kesehatan dari Rumah: Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Alternatif Pengobatan Bersama Ibu PKK Dusun Dungkul Desa Dawung

Diperbarui: 26 Maret 2024   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) bersama Ibu PKK Dusun Dungkul Desa Dawung (dokpri)

Universitas Darussalam Gontor - Pada hari Rabu, tanggal 20 Maret 2024, bertempat di Dusun Dungkul, Desa Dawung, mahasiswi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 35 Kelompok 4 telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Alternatif Pengobatan. Kegiatan ini diikuti oleh Ibu PKK Dusun Dungkul dengan dukungan penuh dari seluruh anggota PKK dan warga masyarakat setempat. 

Kegiatan dimulai setelah dilaksanakannya sholat tarawih berjamaah di Masjid dengan sambutan hangat dari perwakilan Mahasiswi Peserta KKN kelompok 4 UNIDA Gontor, yang menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tanaman obat keluarga sebagai alternatif pengobatan yang ramah lingkungan dan mudah ditemukan di sekitar rumah.

Acara dilanjutkan dengan sesi penyuluhan yang dipandu oleh salah satu mahasiswi fakultas kesehatan Universitas Darussalam Gontor, yang memberikan informasi mendalam mengenai berbagai jenis tanaman obat keluarga, manfaatnya, serta cara pengolahan dan penggunaannya. Para peserta antusias mengikuti penyuluhan ini dan berbagi pengalaman terkait penggunaan tanaman obat tersebut.

Setelah sesi penyuluhan, dilakukan juga sesi tanya jawab terkait apa yang telah disampaikan. Para peserta dengan antusias bertanya dan bercerita mengenai gejala penyakit yang terjadi pada masyarakat pada umumnya. Para mahasiswi peserta KKN Kelompok 4 juga mengingatkan dan memberi pengetahuan tentang apa saja yang menjadi pantangan dan yang harus dilakukan untuk mengatasi gejala penyakit tersebut.

Kegiatan Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ini berlangsung dengan lancar dan sukses, dihadiri oleh lebih dari 20 peserta dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk ibu-ibu PKK setempat. Semua peserta sepakat untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan tanaman obat keluarga sebagai alternatif pengobatan yang sehat dan terjangkau.

Foto Bersama dan Pemberian Buku Panduan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  (dokpri)

Acara Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ini ditutup dengan berfoto bersama peserta KKN dan peserta sosialisasi serta pemberian buku Panduan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai sarana dalam membantu mengenali dan mengolah Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dengan tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline