Lihat ke Halaman Asli

Nabila Aliya Rahma Suwanda

Universitas Pamulang S1-Akuntansi

Sistem Pengendalian Manajemen PT Astra International Tbk

Diperbarui: 19 Mei 2024   17:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama      : Nabila Aliya Rahma Suwanda

Instansi : Universitas Pamulang S1-Akuntansi 

Di era globalisasi saat ini, banyak perusahaan bersaing untuk meningkatkan kualitas kinerja mereka dan berusaha mencapai keuntungan yang lebih optimal. Selain kualitas kinerja yang harus diperhatikan, sistem pengendalian manajemen perusaahan juga harus diperhatikan, jika sistem pengendalian nya tidak baik maka menimbulkan masalah yang serius seperti kinerja yang buruk, kehilangan Penurunan Kepercayaan Investor dan Kesalahan Operasional, kesalahan dalam proses operasional dapat meningkat, serta mengakibatkan inefisiensi dan peningkatan biaya. 

PT Astra International Tbk adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor seperti otomotif, agrobisnis, dan lainnya. Dalam bidang otomotif, perusahaan ini mencakup penjualan, suku cadang (sparepart), serta berbagai layanan servis mobil, PT Astra International Tbk juga dikenal juga dengan perusahaan yang mempunyai sistem pengendalian manajemen yang baik dan menjunjung tinggi "Catur Dharma" perusahaan. 

Sejarah Pt Astra International Tbk

PT Astra International Tbk didirikan pada tahun 1957 oleh Tjia Kian Liong (William Soeryadjaya) dan Liem Ping Wie (Theodore Permadi Rachmat) sebagai perusahaan perdagangan. Astra pertama kali berdiri di Jakarta, dengan kantor pusat di Jalan Juanda. Saat itu, perusahaan ini beroperasi dengan modal terbatas dan hanya memiliki beberapa karyawan. Sebelum dikenal luas sebagai raksasa otomotif, Astra juga mencoba berbagai lini bisnis lain seperti perdagangan hasil bumi dan alat berat. Pada tahun 1997, Astra dihadapkan pada tantangan besar dengan utang signifikan dalam mata uang asing. 

William Soeryadjaya terpaksa menjual saham Astra kepada kelompok Jardine Matheson untuk menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan. Meskipun demikian, Astra berhasil pulih dan terus berkembang menjadi konglomerat terkemuka di Indonesia, Memasuki era digital, Astra bertransformasi dengan berinvestasi dalam teknologi dan mengembangkan platform digital untuk layanan mobilitas, keuangan, dan agribisnis. Selain fokus pada inovasi, Astra juga berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) melalui berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

Visi Misi Pt Astra International Tbk

Visi

  • Menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolahan terbaik di Asia Pasifik dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan struktur keuangan yang solid.
  • Menjadi perusahaan yang intelligent dan agile yang berfokus pada karyawan, pelanggan, dan masyarakat.

Misi

  • Sejahtera bersama bangsa dengan memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan.

Tata Nilai Perusahaan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline