Lihat ke Halaman Asli

Nabila Fitri

Mahasiswi uhamka

Pemberdayaan Kaum Dhuafa

Diperbarui: 15 Januari 2022   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia.  COVID-19 juga menghambat kegiatan perekonomian dan dampaknya terhadap tingginya tingkat kemiskinan di Indonesia. 

Maka, untuk membantu meringankan kondisi perekonomian di Indonesia yaitu dengan melakukan pemberdayaan kaum dhuafa. Keluarga dhu'afa dimaknai sebagai kumpulan sanak saudara yang berada dalam satu tanggungan yang secara ekonomi lemah sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar sehari harinya dengan layak. Oleh karena itu, pantaslah bagi mereka untuk diberdayakan, guna meringankan kondisi perekonomian akibat terdampaknya pandemi Virus COVID-19.

Salah satu keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 adalah keluarga Ibu Berti dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, beliau berjualan lumpia goreng didepan rumahnya. 

Keluarga Ibu Berti tinggal disebuah rumah kontrakan yang kecil dengan keadaan yang kurang layak, dapur yang pengap, tidak ada fentilasi udara yang masuk, dan cahaya yang masuk kedalam rumah itu sangat minim sekali, membuat suasana rumah menjadi sangat tidak nyaman untuk ditinggali oleh mereka, mengingat umur Ibu Berti dan suami yang semakin tua dan anak-anaknya yang semakin besar. Oleh karena itu, kami melakukan pemberdayaan kepada saudara kita yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.

Pemberdayaan dilakukan dengan cara melakukan survey tempat dan target dilanjutkan dengan mengumpulkan dana, belanja kebutuhan yang dibutuhkan target dan penyaluran kebutuhan-kebutuhan yang sudah dibeli kepada target. 

Dari penggalangan dana yang kami kumpulkan selama kurang lebih satu bulan ini, Alhamdulillah telah terkumpul. Setelah itu, kami melakukan penyaluran bantuan ke lokasi tempat tinggal Ibu Berti yang berlokasi di Jalan. 

Raya Ciracas Gg Busika RT 04 RW 02 Kel. Ciracas Kec. Ciracas Jakarta Timur, DKI Jakarta pada tanggal 9 Desember 2020. Kegiatan ini bertujuan melatih kepekaan sosial dan berbagi pada sesama yang membutuhkan. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Maka dengan ini kami dari Kelompok 9 yang beranggotakan :

  • Iiswatun Hasanah (2002015177)
  • Lisa Indira (2002015020)
  • Nabila Fitri (2002015104)

Memberikan bantuan kepada keluarga Ibu Berti. Berupa sembako dan kebutuhan sehari-hari, serta uang tunai.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline