Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Gencarkan Penerapan 3R di Desa Mesoyi

Diperbarui: 10 Februari 2023   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pekalongan (10/2) -- Pada tanggal 7 Februari  2023, Tim KKN 1 Undip tahun 2023 melaksanakan salah satu program multidisiplinnya yaitu "Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah" yang bertempat di Aula Balai Desa Mesoyi. Sosialisasi dimulai dengan penyampaian latar belakang adanya pengelolaan sampah yang dilihat dari kondisi asli dari Desa Mesoyi. Setelah itu,  dilanjutkan dengan penyampaian cara memanfaatkan limbah yang ada dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Berdasarkan survey, sebagian besar masyarakat di Desa Mesoyi masih bertumpu pada unsur penimbunan sampah. Setelah itu, sampah dimusnahkan dengan cara dibakar. Pengelolaan sampah yang kurang tepat tersebut akan menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan, serta dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dengan timbulnya berbagai penyakit. Pada akhir sosialisasi, Tim 1 KKN Undip juga membuat wadah sampah pupuk organik sebagai contoh pengelolaan sampah yang baik dengan prinsip 3R.

dokpri

Peserta sosialisasi pengelolaan sampah adalah ibu-ibu PKK yang terlihat antusias dari awal hingga akhir acara. Setelah sesi sosialisasi selesai, ibu-ibu PKK juga aktif mengajukan beberapa pertanyaan.  Acara sosialisasi ditutup dengan sesi foto bersama Tim KKN 1 Undip dan juga para ibu-ibu PKK. Harapannya, setelah dilaksanakan program ini warga Desa Mesoyi bisa menerapkan pola hidup sehat dan dapat mengelola sampah rumah tangga menjadi benda yang lebih berguna. Apabila sampah terkelola dengan baik, akan tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman untuk dihuni.

Penulis: TIM 1 KKN Undip Pekalongan Desa Mesoyi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline