Lihat ke Halaman Asli

Cegah Kenakalan Remaja, TIM 1 KKN UNDIP Adakan Sosialisasi pada Siswa SMPN 1 Atap Mesoyi

Diperbarui: 10 Februari 2023   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Talun, Pekalongan (10/02) -Kuliah kerja nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Mahasiwa KKN Tim 1 UNDIP 2023, menjalankan pengabdiannya kepada masyarakat di Desa Mesoyi, Kec. Talun, Kab. Pekalongan. Salah satu program kerja yang berhasil dilaksanakan adalah “Sosialisasi Kenakalan Remaja”.

Saat ini, kenakalan remaja muncul sebagai permasalahan  yang harus ditangani dengan benar karena remaja sebagai generasi penerus harus memiliki karakter dan etika yang baik. Jumlah kenakalan remaja yang terjadi di Desa Mesoyi masih tergolong sedikit dan belum termasuk tindakan kriminal. Beberapa contoh kenakalan remaja yang terjadi di Desa Mesoyi yaitu merokok di sekolah, tawuran, dan geng motor. Walaupun jumlahnya belum terlalu banyak, tindakan preventif sangat diperlukan untuk mencegah agar tidak meluas.

Melihat permasalahan tersebut, Tim KKN 1 UNDIP mengadakan sosialisai di SMPN 1 ATAP sebagai bentuk tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2023 bertempat di SMPN 1 ATAP. Sosialisasi berisi tentang jenis, bahaya, dan cara mencegah kenakalan remaja. Pada akhir sosialisai, dilaksanakan diskusi dan tanya jawab serta games kecil berhadiah.

dokpri

“Sosialisasinya seru dan bermanfaat, terima kasih kakak-kakak KKN UNDIP” ucap Farel, siswa SMPN 1 ATAP.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan kewaspadaan remaja Desa Mesoyi agar menghindari kenakalan remaja dan dapat membedakan mana perilaku yang baik dan buruk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline