Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Ajak Masyarakat Budidaya Ikan di Kolam Terpal Sebagai Solusi Lahan Sempit

Diperbarui: 10 Februari 2023   19:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi

Talun, Pekalongan (10/02) --  Nabila Riza Syaffara selaku Mahasiswa Jurusan Akuakultur Anggota KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023 yang berlokasi di Desa Mesoyi, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan mengadakan sosialisasi mengenai cara budidaya ikan di kolam terpal yang baik dan benar.

Ketersediaan air bersih di Desa Mesoyi dapat dibilang sangat tercukupi, namun warga yang melakukan kegiatan budidaya masih sangat sedikit. Maka dari itu, Nabila Riza Syaffara selaku mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2023 mengusulkan program sosialisasi pembuatan kolam terpal untuk budidaya ikan lele.

Kolam budidaya dari terpal memiliki kelebihan yaitu tidak membutuhkan lahan yang luas dan tidak perlu menggali tanah. Selain itu, ikan tidak berbau lumpur, tidak mudah terkena banjir, dan kualitas air dapat dikontrol dengan baik sehingga ikan jarang terserang penyakit.

dok.pribadi

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2023 yang bertempat di Balai Desa dan dihadiri oleh perangkat desa. Sosialisasi berisi tentang cara membuat dan memelihara kolam terpal dengan baik dan benar.  Selain sosialisai mengenai pembuatan kolam terpal, dijelaskan juga bagaimana cara memijahkan ikan lele dengan metode alami, semi buatan, dan buatan. Setelah itu, dibagikan booklet pada masing-masing perangkat desa. Harapannya, agar warga dapat mempraktikkan budidaya kolam terpal secara mandiri di rumah masing-masing.

KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023

Penulis : Nabila Riza Syaffara (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline