Lihat ke Halaman Asli

Tim PKM-K Spongie Universitas Negeri Malang Gelar Sosialisasi kepada Kelompok PKK di Kota Malang

Diperbarui: 27 September 2023   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tim PKM-K Spongie dibawah bimbingan Nur'aini Kartikasari, S.Si., M.Sc., diketuai oleh Novericha Khoirunisa Nada Firdaus yang beranggotakan Salsabiil Ummi Nazhiiroh, Jaisah Nur Afifah, Nabiila Yumna Taqiyya, dan Yohanes Chrisna Aditya membawakan ide "Spons Foam Ramah Lingkungan dengan Senyawa Antibakteri Kombinasi Luffah dan Daun Ketapang Solusi Mudah Mengurangi Pencemaran Plastik di Perairan". 

Ide tersebut diinovasikan menjadi produk spons ramah lingkungan berbahan dasar luffah dan ekstrak daun ketapang. Pemilihan bahan luffah selain dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki bahan alam juga didasarkan kandungan yang dimiliki bahan tersebut. Kombinasi serat luffah dengan kandungan antibakteri dari daun ketapang dinilai sangat efektif untuk membersihkan noda-noda pada peralatan makan. 

Kegiatan ini dihadiri Ibu Hj. Anita selaku pimpinan PKK beserta anggotanya. Pada kegiatan ini dipaparkan mengenai latar belakang perumusan ide PKM, yaitu permasalahan sampah plastik yang semakin parah jika terus dibiarkan. Selain itu, dipaparkan pula proses pembuatan produk hingga demonstrasi penggunaan produk. 

Pada akhir kegiatan sosialisasi, dilkukan tanya jawab dan diskusi ringan mengenai pengembangan produk mendatang. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar serta antusias dari peserta tampak selama kegiatan berlangsung. Kegiatan sosialisasi ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatan PKM-K yang dilaksanakan pada bulan Juli hingga November. Melalui acara ini, diharapkan dapat memberikan pengenalan mengenai produk-produk rumah tangga yang ramah lingkungan dan mengetahui potensi yang dimiliki oleh bahan-bahan alam. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline