Lihat ke Halaman Asli

Nabiila Rahma Fauziah

Mahasiswa/UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pertumbuhan dan Perkembangan dalam Psikologi Pendidikan

Diperbarui: 25 Oktober 2024   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

  • Pertumbuhan: Proses perubahan kuantitatif pada makhluk hidup, termasuk manusia, yang melibatkan peningkatan ukuran dan struktur fisik, seperti tinggi badan dan berat.
  • Perkembangan: Proses menuju tingkat yang lebih sempurna yang bersifat tetap dan tidak dapat diulang. Ini mencakup perubahan kualitatif yang melibatkan fungsi psikologis dan sosial.

B. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

  • Pertumbuhan: Fokus pada aspek fisik (kuantitatif), seperti ukuran tubuh, yang berhenti pada titik tertentu seiring bertambahnya usia.
  • Perkembangan: Fokus pada aspek psikis (kualitatif) yang terus berlanjut sepanjang hidup tanpa batasan.

C. Teori Perkembangan

1. Jean Piaget:

 Jean Piaget menyatakan bahwa perkembangan kognitif anak terjadi melalui interaksi dengan lingkungan.

Ada empat tahap perkembangan:

  • Sensorimotorik (0-2 tahun): Pemahaman melalui indra.
  • Praoperasional (2-7 tahun): Berbahasa dan egosentris.
  • Operasional konkret (7-11 tahun): Logika terhadap objek konkret.
  • Operasional formal (11 tahun ke atas): Berpikir abstrak.

2. Lev Vygotsky:

  • Menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan.
  • Memperkenalkan konsep Zone of Proximal Development (zona perkembangan) dan Scaffolding (dukungan dari orang yang lebih tahu).

D. Perkembangan Psikomotorik

  • Melibatkan kontrol gerakan tubuh yang terkoordinasi antara saraf dan otot.
  • Terdiri dari keterampilan motorik kasar (seperti berjalan) dan motorik halus (seperti menulis).
  • Penting untuk perkembangan keseluruhan anak, mempengaruhi aspek kognitif, sosial, dan emosional.

E. Perbedaan Individual dalam Perkembangan

  • Perkembangan psikomotorik bervariasi dari bayi hingga remaja dan penting untuk diperhatikan di usia 0-6 tahun (masa keemasan).
  • Karakteristik perkembangan psikomotorik termasuk kemampuan fisik, bahasa, dan kepribadian yang berkembang seiring usia.

F. Implikasi Pembelajaran

  • Guru perlu menghargai perbedaan individual anak dan menyediakan makanan bergizi.
  • Penting untuk menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan memberikan stimulasi untuk mempercepat perkembangan psikomotorik.
  • Lingkungan pendidikan harus menyediakan ruang bermain untuk mendukung perkembangan fisik dan psikomotorik anak.

        Dengan memahami konsep-konsep ini, diharapkan orang tua dan pendidik dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dengan lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline