A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
- Pertumbuhan: Proses perubahan kuantitatif pada makhluk hidup, termasuk manusia, yang melibatkan peningkatan ukuran dan struktur fisik, seperti tinggi badan dan berat.
- Perkembangan: Proses menuju tingkat yang lebih sempurna yang bersifat tetap dan tidak dapat diulang. Ini mencakup perubahan kualitatif yang melibatkan fungsi psikologis dan sosial.
B. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan
- Pertumbuhan: Fokus pada aspek fisik (kuantitatif), seperti ukuran tubuh, yang berhenti pada titik tertentu seiring bertambahnya usia.
- Perkembangan: Fokus pada aspek psikis (kualitatif) yang terus berlanjut sepanjang hidup tanpa batasan.
C. Teori Perkembangan
1. Jean Piaget:
Jean Piaget menyatakan bahwa perkembangan kognitif anak terjadi melalui interaksi dengan lingkungan.
Ada empat tahap perkembangan:
- Sensorimotorik (0-2 tahun): Pemahaman melalui indra.
- Praoperasional (2-7 tahun): Berbahasa dan egosentris.
- Operasional konkret (7-11 tahun): Logika terhadap objek konkret.
- Operasional formal (11 tahun ke atas): Berpikir abstrak.
2. Lev Vygotsky:
- Menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan.
- Memperkenalkan konsep Zone of Proximal Development (zona perkembangan) dan Scaffolding (dukungan dari orang yang lebih tahu).
D. Perkembangan Psikomotorik
- Melibatkan kontrol gerakan tubuh yang terkoordinasi antara saraf dan otot.
- Terdiri dari keterampilan motorik kasar (seperti berjalan) dan motorik halus (seperti menulis).
- Penting untuk perkembangan keseluruhan anak, mempengaruhi aspek kognitif, sosial, dan emosional.
E. Perbedaan Individual dalam Perkembangan
- Perkembangan psikomotorik bervariasi dari bayi hingga remaja dan penting untuk diperhatikan di usia 0-6 tahun (masa keemasan).
- Karakteristik perkembangan psikomotorik termasuk kemampuan fisik, bahasa, dan kepribadian yang berkembang seiring usia.
F. Implikasi Pembelajaran
- Guru perlu menghargai perbedaan individual anak dan menyediakan makanan bergizi.
- Penting untuk menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan memberikan stimulasi untuk mempercepat perkembangan psikomotorik.
- Lingkungan pendidikan harus menyediakan ruang bermain untuk mendukung perkembangan fisik dan psikomotorik anak.
Dengan memahami konsep-konsep ini, diharapkan orang tua dan pendidik dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dengan lebih baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H