Lihat ke Halaman Asli

Nabial C G

Apoteker/Penikmat Film/Pembaca buku/Penikmat hal-hal unik

Hilangnya Makna Kompetisi di Acara SEA Games 2023

Diperbarui: 15 Mei 2023   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto: AFP via Getty Images/MOHD RASFAN)

Makna kompetisi sebenarnya dalam ajang olahraga adalah untuk menguji kemampuan atlet secara fair dan kompetitif. Namun, keberadaan ajang olahraga seperti SEA Games 2023 di Kamboja, menyisakan tanda tanya apakah makna kompetisi yang sebenarnya masih terjaga atau sudah hilang?

SEA Games atau Southeast Asian Games adalah ajang olahraga multi event yang diadakan setiap dua tahun sekali di negara-negara Asia Tenggara. 

Pertama kali diadakan pada tahun 1959 di Bangkok, Thailand dengan nama SEAP Games (Southeast Asian Peninsular Games). Pada tahun 1977, ajang ini diubah namanya menjadi SEA Games dan diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Asal usulnya bermula dari sebuah konferensi di Manila, Filipina pada tahun 1958 yang membahas tentang olahraga di Asia Tenggara dan mengusulkan untuk diadakan ajang olahraga yang melibatkan negara-negara di kawasan tersebut. 

Saat ini, SEA Games diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara dan menjadi ajang olahraga yang prestisius dan diantisipasi oleh banyak atlet di kawasan tersebut.

Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games 2023 yang dapat merugikan Indonesia. Pertama, Kamboja dianggap kurang siap dalam hal fasilitas dan infrastruktur. 

Kedua, ada dugaan Kamboja melakukan pengaturan skor dan manipulasi wasit dalam beberapa pertandingan SEA Games sebelumnya.

Ketiga, terkait keamanan, Kamboja dinilai memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi dan banyaknya kasus perampokan terhadap atlet SEA Games sebelumnya. 

Keempat, adanya kecurangan dalam pendaftaran atlet Kamboja yang dinilai tidak memenuhi kriteria. 

Kelima, masih terdapatnya lahan tambang pasir yang menjadi sumber pencemaran air di wilayah Kamboja yang akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan. 

Keenam, belum adanya aturan yang jelas terkait asuransi kesehatan bagi atlet yang akan berpartisipasi dalam SEA Games. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline