Lihat ke Halaman Asli

Nabial C G

Penikmat Film/Pembaca buku/Penikmat hal-hal unik

Review Serial "1899" Butuh Usaha Lebih Untuk Bisa Mencerna Ceritanya

Diperbarui: 19 November 2022   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster 1899 from netflix.com

Bingung adalah kata yang tepat untuk menjelaskan perasaan setelah menonton, menyimak, dan mencoba memahami serial yang satu ini. Serial 1899 adalah buatan Jantje Friese dan Baran bo Odar yang sebelumnya sukses membuat serial Dark. Jadi sudah hal wajar alur ceritanya membuat pikiran kita terkoyak.

Sempat mengetahui kalau serial ini dibuat oleh Jantje Friese dan Baran bo Odar  ada niatan untuk mengurungkan menonton serial ini karena, serial Dark sempat membuat lelah untuk ditonton. Ya pada akhirnya saya memberanikan nonton serial ini dengan tekad 100% karena penasaran.

Pertama kali muncul rasa penasaran setelah menonton trailernya. Setelah menonton trailernya pikiran pertama yang terbesit adalah serial misteri bercampur bencana. Dalam trailernya diperlihatkan para penumpang kapal pesiar yang mencoba untuk bertahan hidup di kapal.

Hal itu terbantahkan semuanya setelah menonton episode pertamanya. Serial 1899 ini rilis pada tanggal 17 November kemarin, dan saya baru menyelesaikan serialnya di tanggal 19 November dengan jumlah 8 epidsede yang tiap episode berdurasi 1 jam. Selain ceritanya yang njilmet dan mumet namun, tidak bisa dipungkiri kalau serial yang satu ini mampu menaruh rasa penasaran pada para penontonnya.

Tidak mau spoiler terlalu jauh sebagai penikmat film serial yang satu ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton. Terlepas dari njlimet dan mumet serial ini memang membuat penasaran. Selama menonton saya sendiri tidak bisa menebak-nebak atau mampu mengeluarkan teori untuk menerka ini kira-kira apa? siapa dalang dari semuanya? kemudian mereka ini kenapa?

Sedikit bocoran saja agar kewarasan penonton terjaga setelah menonton serial yang satu ini. Tidak perlu percaya 100% dengan apa yang dilihat atau ditayangkan pada awal episode atau dalam trailernya. Saya sendiri merasa tergocek dengan serial yang satu ini. Jadi lepaskan dan  ikuti alur kisahnya secara perlahan-lahan.

Tidak hanya kisahnya saja, serial ini cukup unik dalam segi dialog karena, berlatar sekelompok imigran multinasional yang berada dalam perjalanan dialog bahasanya beragam. Bahasa Cina, Jerman, Perancis, Spanyol, Inggris, dan ada selipan bahasa Jepang juga. Penggunaan ragam bahasa ini membuat kisahnya menjadi nyata. Tidak serta merta menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama antar tiap karakternya. Keragaman ini yang membuat serial ini cukup istimewa.

Film ini cocok untuk ditonton bersama teman atau bersama pasangan karena seru untuk didiskusikan. Akting para pemainnya pun membuat decak kagum. Silahkan tonton dan selamat pusing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline