Lihat ke Halaman Asli

Pendekatan Proses Belajar dan Pembelajaran

Diperbarui: 11 Juli 2023   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Pendekatan proses belajar dan pembelajaran adalah ide atau prinsip cara memandang dalam menentukan kegiatan pembelajaran. Pernyataan tersebut semada dengan Rusman yang berpendapat bahwa pendekatan pembelajaran adalah tahap pertama pembentukan suatu ide dalam memandang dan menentukan objek kajian (Rusman, 2018)

Berbeda dengan metode pembelajaran yang telah menentukan langkah model pembelajaran yang memiliki kerangka konseptual, pendekatan pembelajaran itu lebih luas. Artinya, pendekatan merupakan landasan berfikir atau filosofi dalam menentukan pembelajaran.

Maka dapat disimpulkan pendekatan proses belajar dan pembelajaran adalah prinsip atau landasan sudut pandang seorang pendidik dalam memahami dan menentukan kegiatan belajar mengajar secara umum. Peserta didik perlu dilibatkan secara aktif dalam memperoleh pengetahuan.

Pendekatan dalam proses pembelajaran secara garis besar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu: teacher centered (bepusat kepada guru) dan student centered (berpusat pada siswa).

Pendekatan pembelajaran juga bisa diartikan sebagai jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran juga merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran. Yakni sistem untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa untuk membantu dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Pendekatan proses belajar dan pembelajaran menurut Gulo adalah sudut pandang seseorang dalam memandang seluruh masalah yang ada dalam kegiatan belajar mengajar. Sudut pandang tersebut menggambarkan cara berfikir dan bersikap seorang pendidik dalam menyelesaikan persoalan yang di hadapi pada kegiatan pembelajaran. Sedangkan Sanjaya berpendapat bahwa pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. (Suprihatiningrum, 2013)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline