Lihat ke Halaman Asli

Nabela Anggun Abadiani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Ampel Surabaya

Mahasiswa KKN 64 UINSA Adakan Pelatihan Desain untuk Menunjang UMKM Desa Kawisrejo Pasuruan

Diperbarui: 12 Juli 2024   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok KKN 64 UINSA/dok. pri

Rabu, 10 Juli 2024 Mahasiswa KKN 64 UIN Sunan Ampel Surabaya menggandeng pemuda Desa Kawisrejo Pasuruan dalam pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan Kreatifitas Melalui Pelatihan Desain Poster Produk UMKM Dengan Menggunakan Canva

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kelompok KKN 64 UINSA, melihat potensi UMKM yang berada pada setiap dusun tersebut cukup baik, tetapi terdapat kekurangan dalam proses pemasaran dan promosi. Pada hal ini Mahasiswa KKN 64 UINSA akan menfokuskan pada proses pemasaran UMKM tersebut melalui Pelatihan Desain Canva dengan harapan program kerja ini dapat mempermudah proses pemasaran dengan gaya yang kreatif dan inovatif.

Mahasiswa mengundang beberapa perserta yang berkisaran umur 15-20 Tahun, terlihat jelas bahwa sasaran dari kegiatan pelatihan desain ini terdiri atas pemuda-pemuda Desa Kawisrejo yang memiliki potensi sebagai pelaku ekonomi kreatif. Adapun materi yang disampaikan seperti memperkenalkan dasar-dasar fotografi produk, penggunaan aplikasi desain canva, dan melakukan praktik fotografi dan desain poster produk UMKM. Selama proses kegiatan para peserta tidak hanya diberikan materi, tetapi mereka juga diajak untuk melakukan praktik dalam pembuatan desain poster lalu melakukan presentasi poster tersebut.

"Di zaman sekarang kita mempunyai usaha umkm tidak hanya bersaing dengan lapak yang dekat dengan kita , melainkan dengan seluruh daerah di Indonesia , pentingnya digitalisasi umkm adalah untuk meningkatkan daya marketing , dan meningkatkan kemampuan kreativitas kita khususnya pada bidang umkm" Ucap Wildan Fahmi Febriansyah selaku pemateri, Surabaya, Rabu (10/07)

Dari survei yang telah ditemukan setelah kegiatan, mahasiswa menyampaikan dan menjalankan program kerja dengan lancar, tanggapan dari beberapa peserta tentang pengenalan aplikasi Canva sangat memuaskan, para peserta mengakui bahwa tidak pernah memakai aplikasi tersebut dan proses pengeditanya terlihat lebih mudah tidak seperti aplikasi pengeditan lainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline