Lihat ke Halaman Asli

Belajar Bahasa Inggris: Mengenal Verb [6]

Diperbarui: 15 Februari 2016   11:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Seharusnya perkenalan tentang verb berlanjut ke modal verb. Namun, mengingat bahasan tentang modal verb lumayan kompleks, maka akan dibuatkan seri terpisah saja.

Kini kita akan membahas mengenai tiga formulasi khusus tentang verb yang wajib diketahui. Kenapa? Karena memang tiga formulasi khusus ini seringkali dipakai, baik secara lisan maupun tulisan. 

1. Verb yang Membutuhkan Infinitive pada Pelengkapnya (Complement)

Untuk yang bellum tahu apa itu infinitive singkatnya infinitive ialah sebuah verbal yang terdiri dari partikel 'to' ditambah dengan kata kerja. Misalnya, to run, to come, to sleep, dll. Nah, ada beberapa verb yang bila disambungkan dengan sebuah pelengkap (complement) dalam sebuah kalimat harus menggunakan bentuk infinitive.

Beberapa kata kerja tersebut ialah: agree, appear, arrange, ask, claim, consent, decide, demand, deserve, expect, fall, forget, hesitate, hope, intend, learn, manage, mean, need, offer, plan, prepare, pretend, promise, refuse, seem, tend, threaten, wait, want, etc.

Sekali lagi, setelah muncul kata kerja di atas wajib memberikan infinitive pada pelengkapnya. Dilarang menggunakan gerund (bentuk -ing) atau menggunakan kata kerja lagi setelahnya. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

I want to speak with you (Benar)
I want speak with you       (Salah)
I want speaking with you   (Salah)

Setelah kata kerja 'want' kata kerja selanjutnya 'speak' otomatis menjadi pelengkap sehingga membutuhkan partikel 'to' di depannya.

2. Verb yang Membutuhkan Gerund pada Pelengkapnya (Complement)

Gerund adalah kata benda yang dibentuk dengan menambahkan akhiran -ing pada sebuah kata kerja. Misalnya eat (kata kerja) ditambahkan -ing menjadi eating (kata benda). Ada sejumlah verb yang wajib memakai bentuk gerund pada pelengkap kalimatnya.

Beberapa kata kerja tersebut ialah: admit, appreciate, avoid, complete, consider, delay, deny, discuss, enjoy, finish, keep, mention, miss, postpone, practice, quit, recall, recommend, regret, risk, stop, suggest, tolerate, understand, etc.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline