Lihat ke Halaman Asli

Nindy Prisma

TERVERIFIKASI

buruh di balik kubikel dan penikmat pertandingan olahraga

Indonesia U20 Lolos Semifinal Kejuaraan Asia dan Segel Tiket Kejuaraan Dunia U21

Diperbarui: 29 Juli 2024   06:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para punggawa muda Indonesia bersiap menerima servis lawan. (Dokumentasi AVC/Humas PBVSI)

Sabtu malam (27/7/2024) Jawa Pos Arena bergemuruh saat jump serve pemain India Nikhil membentur net. Poin ke 25 untuk Indonesia, poin yang mengakhiri set 4 untuk keunggulan skuad Garuda 3-1 (25-20, 25-23, 16-25, 25-18).

Sontak para pemain Indonesia bersamaan bersujud syukur di tengah sorakan gembira para pendukung. Tundukan India di klasifikasi babak 8 besar pool E jadi kemenangan penting, kemenangan yang memastikan Indonesia mengamankan tiket semifinal Asian Men's U20 Championship sekaligus lolos ke FIVB U21 World Championship 2025.

Tuan rumah, Indonesia langsung menunjukan penampilan yang agresif di set pembuka. Pasukan Merah Putih bahkan sempat mendapatkan 5 poin beruntun saat Dawuda Alaihima Salam melakukan servis, 2 di antaranya tak mampu dikebalikan lawan. Indonesia menang meyakinkan 25-20.

Pada set kedua, Indonesia masih terus menekan dan sempat unggul lima angka 18-13. Namun, India bisa mengejar dan menyamakan skor 18-18 lewat servis tajam Nikhil.

Namun, tim Garuda Jaya bisa mengendalikan keadaan dan memperbaiki penerimaan bola servis untuk kembali memimpin 22-19 dan menutup set kedua dengan skor 25-23.

Unggul 2-0 membuat Indonesia berpeluang besar untuk mengakhiri laga dengan kemenangan straight set. Sayang, India justru bangkit pada set ketiga dengan memperbaiki block dan penerimaan bola servis.

Dhruvil Nayanbhai dkk langsung memimpin 6-1 setelah tiga kali memblock smesh pemain tuan rumah. Timnas Indonesia tak mampu mengejar ketertinggalan dan menyerah di set 3 dari India dengan 16-25.

Farchan Vachrezy melakukan serangan di antara blocker India. (Dokumentasi AVC/Humas PBVSI)

Kecolongan di set 3 jadi alarm bagi Indonesia. Tak ingin terulang, Farchan Vachrezy dkk mencoba memperbaiki kelemahan yang terjadi di set 3 dan berhasil kembali menemukan ritme permainan. Unggul 12-7, anak asuh pelatih Li Qiujang ini semakin percaya diri menjaga margin angka. Set ini mutlak jadi milik Indonesia 25-18.

Sukacita begitu terasa usai pertandingan, para pemain, tim ofisial dan supporter bersorak bersama, merayakan keberhasilan Garuda Jaya menuntaskan misi lolos semifinal dan mengamankan tiket Kejuaraan Dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline