Lihat ke Halaman Asli

Nindy Prisma

TERVERIFIKASI

buruh di balik kubikel dan penikmat pertandingan olahraga

Balada Mahasiswa Telat Lulus

Diperbarui: 24 Maret 2021   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film Catatan Akhir Kuliah (Darihati Films)

“Ini kamu REVISI lagi.”

Bagi para mahasiswa tingkat akhir dan juga buat mereka yang terpaksa masuk dalam golongan mahasiswa telat lulus kalimat diatas terasa lebih menyeramkan dari hantu jenis apapun didunia ini, terutama kata ini neh: R.E.V.I.S.I. Kenapa menyeramkan? Karena cuma karena satu kata itu saja, lembaran proposal skripsi yang sudah dibikin pagi, siang, sore, malam sampai tidak tidur langsung menjadi barang yang tidak berarti dan bikin semangat turun ke titik yang paling rendah.

Itu juga yang dialami oleh Sam Maulana (Muhadkly Acho) mahasiswa sementer 11 di IPB yang sedang berjuang untuk segera lulus dan minggat dari kampusnya dengan title Sarjana. Masa-masa indah memang selalu terjadi di awal, termasuk dalam kehidupan kampus, bersama dua temannya Sobari (Ajun Prawira) dan Ajeb (Abdur), ketiga sahabat itu melalui kehidupan kampus mereka secara normal, hmm kecuali kebiasaan Ajeb suka tebar pesona ke cewe-cewe sampai bikin salah satu cewe muntah begitu lihat gaya capernya dia dikelas Penggolahan Daging atau seringnya dia jadi penghuni gelap kosanya Sam dan Sobari yang sudah termasuk katergori sedikit abnormal.

Bicara kehidupan kampus dan kuliah akan terasa membosankan kalau berputar antara kelas, mata kuliah dan pratikum saja, harus ada bumbu yang membuat kehidupan kampus jadi lebih segar, berwarna dan tentunya sedap, dan bumbu itu bernama CINTA. Kampus memang bukan cuma jadi tempat menuntut ilmu, tapi juga tempat mencari cinta yang siapa tahu bakalan jadi jodoh di masa depan, iya kan?  

Begitu pula dengan Sam, meski punya tampang yang pas-pasan Sam tetap berusaha sekuat tenaga untuk mencari pelabuhan buat cintanya. Meski pernah gagal jadian dengan teman satu kelasnya, gadis berjilbab asal Madura yang bernama Wibi, Sam tidak patah harapan terutama setelah ketemu seorang gadis manis di tempat fotokopi-an. Kodok namanya (deuh cakep-cakep namanya Kodok seh), yang ternyata adalah teman dari mantan pacarnya Sobari.

Pertemuan pertama yang begitu menggoda dan meninggalkan kesan mendalam mendorong Sam untuk gigih mencari tahu apapun tentang si Kodok. Masih lewat info gratisan dari Sobari, Sam akhirnya tahu akun facebook gadis yang sebenarnya bernama Anisa (Dina Anjani) itu. 

Kehadiran Anisa Kodok membuat cinta dalam diri Sam yang sempat meredup kini kembali menyala lagi, tapi sayang harapan memang tidak pernah selalu sejalan dengan kenyataan karena bahkan setelah berusaha keras untuk menarik perhatian Anisa, Sam tetap saja gagal jadian dan harus rela melihat gebetannya itu jalan dengan Iwan (Andovi da Lopez).

Kehidupan kampus jadi tidak mengasikkan lagi buat Sam, terutama setelah dia patah hati dan diperparah dengan kenyataan bahwa satu per satu teman seangkatannya sudah mulai menyusun proposal skripsi bahkan penelitian, termasuk dua sahabat karibnya Sobari dan Ajeb. 

Kegalauan Sam berbanding terbalik dengan semangatnya apalagi setelah judul dan proposal skripsinya terus-terusan ditolak Dosen Pembimbingnya, belum lagi Sam harus menghadapi pandangan sinis dan ledekan dari para juniornya yang dengan terang-terang menjulukinya Matelu alias Mahasiswa Telat Lulus. Hati mahasiswa mana yang tidak sakit hati dikatain begitu.

“Skripsi gue ditolak, sama cewe gue juga ditolak.”

Itu ungkapan hati Sam, ungkapan hati mahasiswa yang tingkat kegalauannya udah sampe ke ubun-ubun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline