Lihat ke Halaman Asli

Mz z

lajang

Pembuatan Pembukuan Desa Prima Sejahtera

Diperbarui: 13 Agustus 2022   04:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Yogyakarta (12/08/2022). Untuk dapat mengembangkan suatu usaha maka kita perlu mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Banyaknya keuntungan yang dapat kita peroleh dapat menentukan cepat atau lambatnya perkembangan suatu usaha. 

Setiap transaksi yang kita lakukan saat menjalankan usaha harus dicatat secara rutin supaya kita dapat mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang telah kita lakukan. Pencatatan ini biasa dikenal dengan istilah pembukuan. 

Pengertian dari pembukuan sendiri adalah proses pencatatan yang dilakukan secara wajib dan teratur dalam mengakumulasikan jenis data dan informasi tentang keuangan yang terdiri atas kewajiban, penghasilan, harta, biaya, dan modal.

Pembukuan merupakan bagian yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Terdapat banyak manfaat penting dari pembukuan bagi perkembangan bisnis. Dengan membuat pencatatan keuangan yang rapi dan tertata, usaha tersebut dapat terhindar dari kerugian atau bahkan kepailitan. Pembukuan membantu memetakan besarnya keuntungan/kerugian, mengidentifikasi setiap transaksi yang dilakukan, serta melihat kondisi finansial dan perpajakan usaha yang dapat dijadikan bahan penilaian usaha.

Pembukuan tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar tapi usaha kecil pun membutuhkan adanya pembukuan untuk sekedar mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh. Hal ini dapat membantu usaha kecil untuk dapat menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya dalam mengembangkan bisnisnya.

Dokumentasi pribadi

Desa Prima Sejahtera merupakan organisasi yang melakukan pemberdayaan terhadap perempuan melalui usaha kecil baik makanan maupun kerajinan. Biasanya akan ada event yang dilakukan seperti pameran yang dihadiri oleh Desa Prima dari berbagai macam daerah yang ada di DIY.

Anggota Desa Prima Sejahtera nantinya akan menampilkan produk mereka di pameran tersebut. Namun, hanya beberapa perwakilan anggota saja yang akan menghadiri dan nantinya akan mencatat pendapatan maupun pengeluaran yang telah dilakukan selama acara berlangsung. 

Adanya pembukuan yang sederhana dapat membantu Desa Prima Sejahtera untuk terus memantau pendapatan maupun pengeluaran yang diperoleh oleh para anggota. Pembuatan pembukuan ini melibatkan pengurus Desa Prima Sejahtera yaitu sekretaris yang merupakan anggota yang sering menjadi perwakilan dalam acara pameran yang diselenggarakan.

Penulis : Musa Satria Indrawan (Administrasi Bisnis/FISIP)

DPL : Drs. Eko Ariyanto, M.T.

Lokasi : Nglegi, Patuk, Gunungkidul, DIY




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline