Lihat ke Halaman Asli

Myva Wln

mahasiswi

Dampak Perkembangan Sosial Emosional Anak

Diperbarui: 31 Mei 2024   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pola asuh orang tua adalah serangkaian sikap yang

ditunjukkan oleh orang tua kepada anak untuk menciptakan iklim emosi yang meliputi interaksi orang tua dan anak.perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, dan tradisi; meleburkan diri menjadi suatu kesatuan dan saling berkomunikasi serta bekerjasama.Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial adalah pencapaian kemampuan berperilaku dalam hubungan sosial melalui proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma kelompok, moral dan tradisi. Sehingga mampu meleburkan diri menjadi suatu kesatuan dan saling berkomunikasi serta bekerjasama. emosi adalah perasaan batin seseorang, baik berupapergolakan pikiran, nafsu, keadaan mental dan fisik yang dapat muncul atau bermanifestasi kedalam bentuk atau gejala-gejala seperti takut, cemas, marah, murung, kesal, iri,cemburu, senang, kasih sayang, dan ingin tahuDari beberapa pengertian emosi di atas, dapat disimpulkan bahwa emosi anak adalahkeadaan perasaan pada diri seorang anak yang disertai warna afektif, baik berupa pikiran,  keadaan mental, maupun fisik yang dapat dilihat melalui gejala sepertimarah, bahagia, sedih, ingin tahu, dan cemburu.

Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak

 ada tiga tipe pola asuh orang tua terhadap anak di

antaranya :

a. Pola asuh otoriter

Pola asuh yang menerapkan semua keputusan berada ditangan orang tua bahkan dibentuk oleh orang tua. Artinya, tipe pola asuh otoriter ini kekuasaan orang tua sangat dominan, karena selalu menuntut anaknya menjadi seperti yang dikehendaki, apabila anak tidak mematuhi orang tua maka akan mendapat hukuman.

b. Pola asuh demokratisOrang tua yang menanamkan nilai-nilai demokratis dalam mengasuh anak akan

menjunjung keterbukaan, pengakuan terhadap pendapat anak, dan kerjasama. Anak diberi kebebasan, tetapi kebebasan yang dapat dipertanggung jawabkan.

c. Pola asuh permisif

Pola asuh yang permisif yaitu pola asuh di mana orang tua memberikan kebebasan penuh kepada anak. Sehingga anak menjadi pribadi yang semaunya sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline