Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yusuf Algifari

Mahasiswa Magister Manajemen Dakwah

Tipe Kepemimpinan dalam Lembaga Dakwah

Diperbarui: 4 Mei 2024   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tipe Kepemimpinan Dalam Lembaga Dakwah

Oleh : Muhammad Yusuf Algifari

Pengampu : 

Muhammad Firdaus, Lc., MA., Ph.D.

Dr. Cecep Castrawijaya, M.A.

Berbicara mengenai lembaga dakwah tentu tidak asing dikalangan para aktivis dakwah. Lembaga dakwah menjadi wadah yang sangat krusial untuk menyebarkan benih-benih ajaran agama Islam yang kompleks. Pemahaman ajaran Islam yang diawali dengan mengajak, membimbing umat, kemudian mengembangkannya dengan implementasi ibadah secara ridho kepada sang Pencipta alam semesta.

       Kepemimpinan yang efektif dan efisien dalam lembaga dakwah menjadi salah satu hal yang urgent dalam mencapai rencana-rencana dari dakwah itu sendiri. Kepemimpinan yang sangat baik akan memberikan feedback kepada lembaga dakwah itu sendiri sebagai wadah serta memberikan panduan yang baik dan memberikan nilai agama dengan melaksanakan tugas dan kewajiban dari keagamaan mereka (Bashori, 2020).

       Lembaga dakwah menjadi hal yang kedua yang disoroti ketika mengenai aturan atau kebijakan yang diambil, yang mana hal yang paling utama akan di soroti adalah tentang pemimpinnya. Pemimpin yang memiliki tanggung jawab secara penuh untuk bisa membimbing serta mengarahkan lembaga dakwah tersebut berserta anggotanya dalam menjalankan aktivitas dakwah dengan efektif dan efisien (Farin, 2022). Namun, disisi lain setiap pemimpin mempunyai ciri khas mengenai tipe kepemimpinan yang tidak sama. Pengenalan dan pemahaman mengenai tipe kepemimpinan yang ada di lembaga dakwah menjadi hal yang urgent untuk bisa memastikan bahwa apa yang dipimpinnya atau kepemimpinnannya sesuai dengan konteks dakwah Islam.

       Dalam konteks lembaga dakwah, gaya atau tipe kepemimpinan yang efektif haruslah selaras dengan rencana atau tujuan dakwah yang ingin dituju (Hamdiah, 2021). Maka dari itu, pengenalan terhadap tipe kepemimpinan yang beragam dapat menjadi pengetahuan yang baik untuk strategi kepemimpinan yang cocok terhadap situasi dan kondisi yang dialami oleh lembaga dakwah tersebut. Selain itu, pemahaman terhadap tipe kepemimpinan juga dapat mengembangkan program pelatihan dan pengembangan kepemimpinan yang benar-benar sesuai kebutuhan bukan keinginan dari lembaga dakwah itu sendiri.

       Dalam penelitiannnya (Hafizul Arifin, 2023) terhadap beberapa tipe kepemimpinan dalam lembaga dakwah terdapat 4 yang berrelevansi terhadap praktik kepemimpinan yang efektif dalam konteks dakwah, diantaranya :

1. Kepemimpinan Transaksional (Insentif)

Tipe kepemimpinan ini banyak ditemukan dalam lembaga dakwah dan bahkan menjadi hal yang sudah lumrah didaerah perkotaan besar. Yang dimana, pemimpin menerapkan kepemimpinan transaksional yang cenderung menggunakan insentif dan penghargaan sebagai salah satu cara memotivasi anggota lembaga dakawah. Salah satu hal yang menjadikan tipe ini dipakai karena menekankan pada aturan dan prosedur yang jelas serta menjadi penyelesaian masalah yang paling efektif. Kepemimpinan transaksional ini sangat cocok dalam situasi yang dimana para anggota lembaga dakwah membutuhkan instruksi yang tegas dan lugas serta imbalan yang jelas untuk kinerja mereka dalam lembaga dakwah.

2. Kepemimpinan Partisipatif (Partisipasi)

Tipe kepemimpinan ini teridentifikasi juga dalam lembaga dakwah, yang dimana seorang pemimpin saling melibatkan kepada anggota dalam pengambilan keputusan dan tujuan bersama-sama. Semua pihak yang masuk kepada wadah lembaga dakwah diwajibkan untuk membangun lingkungan yang inklusif, dimana semuanya ikut andil serta saling menghargai. Tipe kepemimpinan partisipatif ini memungkinkan kepada seluruh anggota agar mereka merasa memiliki tanggung jawab bersama terhadap keputusan yang diambil bersama, sehingga mampu meningkatkan keterlibatan dan komitmen mereka terhadap lembaga dakwah.

3. Kepemimpinan Transformasional (Inspirasi)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline