Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Fisik dan Motorik Anak Usia 3-6 tahun

Diperbarui: 24 November 2016   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

-Fase Prasekolah (Usia Taman Kanak-kanak)


Anak usiaprasekolah merupakan fase perkembangan individu sekitar 2-6 tahun, ketika anakmulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai pria atau wanita, dapatmengatur diri dalam buang air (toilet training), dan mengenal beberapa hal yangdianggap berbahaya (mencelakakan dirinya).

Anak usia 3 tahun cenderunguntuk tenang, santai dan bisa bekerja sama. Konflik dengan orang dewasa,yang berakar dari perjuangan anak ketika usia dua tahun untuk mandiri, lebihjarang dan tidak terlalu besar. Bahkan, anak usia tiga tahun biasanya maumematuhi perintah orang dewasa. Mereka mampu menunda kegembiraan mereka; kebutuhan untukmendapatkan apa yang mereka inginkan “sekarang juga” sudah berkurang (Killen& Smetana, 1999)

Anak usiaempat tahun energinyamelimpah, gagasan yang meluap-meluap, obrolan aktivitas yang tidak adalelahnya. Kesemuaan ini adalah ciri-ciri anak usia empat tahun pada umumnya.Pertengkaran yang disebabkan oleh sifat keras kepala dan perbedaan pendapatantara anak dan orng dewasa sering terjadi. Anak sering menguji batasan, penuhpercaya diri dan menegaskan kebutuhan yang semakin besar untuk mandiri.
´Anak usia lima tahun berada dalampengendalian yang baik terhadap dirinya secara fisik dan emosi, sebagian besaranak usia lima tahun berada dalam fase yang cukup tenang dan semakin tinggi rasa percayadirinya dan rasa untuk mngendalikan dirinya. Dunia mereka berkembang diluar rumah,keluarga, sekolah, atau tempat penitipan anak. Persahabatan dan kegiatanberkelompok adalah dua hal yang sangat penting (Canella, 1993; Selman &Selman, 1979).

Petualanganyang menarik mulai terbuka pada anak usiaenam tahun karenakemampuan koordinasinya semakin baik serta ukuran tubuh dan kekuatannyameningkat. Anak usia enamtahun biasanya sulit membuat keputusan dan kadang terbebani oleh situasi asing. Sementara itu perubahankemampuan kognitifnya memampukan mereka untuk melihat peraturan sebagai sesuatuyang berguna untuk memahami kejadian sehari-hari dan perilaku orang lain.
´
Perkembangan Fisik

prinsip-prinsipperkembangan fisik anak usia dini adalah:

´MelibatkanPerubahan 

´Perkembanganawal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya

´Perkembanganadalah hasil dari kematangan dan belajar

Perkembangan motorik
´
´Perkembangan Motorik Kasar
´Perkembangan Motorik Halus

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline