Lihat ke Halaman Asli

Mita Karunia

Menulis untuk menyapa semesta

"Fresh Graduate" Saatnya Bertanggung Jawab dengan Diri Sendiri

Diperbarui: 6 April 2018   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: blog.talenta.co

Apakah kamu seorang fresh graduate? Yang baru lulus dan saatnya merasakan the real life? Bagaimana kehidupan kamu sekarang? Apakah tidak jauh berbeda dengan masa-masa kuliah dulu? Kalau saya cerita ya, masa-masa kuliah dan sekolah itu masa ter-enak yang enak banget. Butuh duit? Tinggal bilang sama emak dan bapak, lalu nunggu ditransfer. 

Tapi setelah lulus masa iya mau minta terus? Sudah lulus lo... Bukannya fresh graduate itu saat dimana kita dapat bertanggungjawab sama diri kita sendiri? Hai fresh graduate, sudah ngerasain kan? Bagaimana rasanya nyari kerja yang nggak langsung diterima? Padahal sudah ngirim lamaran kesana kemari.

Hmmm... sudah nggak apa. Fresh graduate itu wajar-wajar saja belum langsung mendapatkan pekerjaan. Kita ibaratkan nih, fresh graduate itu telur yang baru menetas atau bayi yang baru lahir. Ya nggak mungkin dong langsung lari. Harus belajar duduk dulu, merangkak, berjalan, kemudian terjatuh, eh bangkit, jalan lagi. Lalu bisa lari perlahan, lama-kelamaan bisa lari cepat. 

Fresh graduate juga gitu lo, nggak mungkin langsung bisa diterima. Kalau ada juga jarang-jarang, alhamdulillah kalau langsung diterima. Kita sebagai fresh graduate harus terus diasah, dengan pengalaman agar punya skill yang tepat di dunia kerja. Lagian, waktu kuliah yang paling banyak tuh teori. Jadi, kamu harus memperbanyak pengalaman agar skill semakin terasah nantinya. Apalagi mau kerja yang langsung berpenghasilan WAOW, nggak bisa instan, perlu proses.

Wah pernah ya merasakannya? kita sama lo... Ah, tapi tenang aja. Rejeki nggak kemana, sudah ada yang ngatur. Yang penting kan, usahanya. Nah, sampai sekarang apa saja usaha yang sudah kamu lakukan agar dapat bertanggungjawab sama diri sendiri?

Jadi, saya mau cerita saja ya, bagaimana saya dan teman-teman yang juga sesama fresh graduate melakukan usaha untuk bertanggungjawab sama diri sendiri dari segi finansial ya, hehe....

Berjualan

Dari yang saya lihat, berjualan ini menduduki peringkat pertama. Banyak teman saya yang mulai berjualan dari berbagai macam barang atau jasa yang dijual. Seperti kue, kado pop up yang didesain sendiri, kain batik, makanan, pulsa dan banyak lagi. Menurut saya, berjualan ini hal yang paling mudah dilakukan dan paling sering. Bahkan dari zaman rasulullah juga Beliau sudah berjualan kan? Tenang, mungkin awal-awal belum laris banget. Tapi saya yakin dengan berjualan akan menambah penghasilan. Jika suatu saat nanti kita sudah menemukan pekerjaan tetap berjualan ini tetap dapat dilakukan. Penghasilan makin banyak. Bisa tuh buat modal nikah, HAHAHAHA!

Freelance

Ada banyak sekali freelance yang bisa kamu coba nih, misalnya jadi guru les privat, atau yang lagi kekinian bisa tuh nyobain jual jasa di situs-situs online seperti fiverr, shutterstock atau yang versi Indonesia ada Sribulancer dan yang lainnya. Kerja freelance itu asyik, bisa kapan aja dan dimana aja dengan penghasillan yang bertambah. Selain mengasah skill juga menambah portofolio kamu yang dapat dijual hehe. Nambah dong penghasilannya, Ciyeeeeeee....

Nyerong

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline