Lihat ke Halaman Asli

3 Cara Melayani Pelanggan yang Mudah dan Efektif

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di dalam persaingan bisnis yang saling makan memakan seperti sekarang sekarang ini, satu hal yang yang tidak boleh terjadi adalah kehilangan aketerampilan Anda untuk membentuk hubungan yang sukses dengan semua pelanggan Anda. Tetapi pada kenyatannya banyak perusahaan tampaknya lupa aturan nomor satu ini

Bagaimanakan kita menciptakan hubungan emosional yang langgeng dengan para klien dan calon pelanggan? Berikut ini adalah 3 tips layanan pelanggan untuk membantu Anda memiliki hubungan yang lebih bermakna dan sukses dengan mereka:

Layanan Pelanggan Tips # 1: Selalu Ingat Nama mereka.

Buatlah pelanggan atau calon pelanggan merasa penting. Gunakan nama mereka sesering mungkin. Studi telah menunjukkan bahwa orang senang mendengar nama mereka sendiri disebut/dipanggil. Hanya pastikan Anda tidak memperpendek atau memanggil dengan panggilan lain yang mungkin mereka tidak suka. Jika Anda kesulitan mengingat nama mereka dengan baik, maka tulislah nama mereka di smartphone anda

Layanan Pelanggan Tips # 2: Libatkan Mereka Dalam Percakapan Yang Ramah dan Bersahabat

Ketika berhadapan dengan klien, kita jangan selalu berbicara tentang bisnis perusahaan anda.Upayakan untuk mengenal mereka lebih jauh di luar dari urusan bisnis. Tanyakan tentang keluarga mereka. Atau mungkin liburan terakhir atau bisa juga berbagi informasi tentang diri Anda. Intinya adalah Anda ingin mereka merasa nyaman di sekitar Anda.

Layanan Pelanggan Tips # 3: Hadir Untuk Kebutuhan mereka.

Selalu jawab pertanyaan dari klien anda sesegera mungkin. Ketika mereka mengirimkan email kepada Anda, selalu jawablah dengan segera. Apabila  anda ditempatkan di posisi klien apakah anda mau untuk menunggu berjam-jam atau bahkan berhari hari untuk mendapatkan jawaban atas suatu hal yang bagi anda sifatnya urgent? Terkadang memang tidak mungkin untuk menghabiskan seluruh hari kerja Anda menjawab panggilan dan email, jadi mungkin Anda bisa mendapatkan orang lain di kantor untuk membantu Anda (atau alihdayakan hal ini kepada perusahaan yang dapat membantu perusahaan anda secara efektif).

Tangani setiap pelanggan dengan perasaan cinta yang mendalam,maka seyogyanya bisnis akan selalu mengalir kepada anda

Dapatkan Solusi Virtual Call Center dari Telecious

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline