Lihat ke Halaman Asli

Myrna AyuPramesti

Mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata

"The Paradise of Java" Kegiatan Praktik Kuliah Lapangan D4 Destinasi Pariwisata Unair di Karimun Jawa dan Dieng

Diperbarui: 8 Juli 2022   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Minggu, 3 Juli 2022. Mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyelenggarakan Kegiatan Praktik Kuliah Lapangan. Kegiatan Praktik Kuliah Lapangan merupakan salah satu kegiatan mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. 

Praktik Kuliah Lapangan ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang berkompeten serta mengembangkan softskill dunia kerja mahasiswa sebagai syarat memperoleh derajat sarjana terapan.Kegiatan Praktik kuliah lapangan program studi D4 Destinasi Pariwisata 2022 dilaksanakan di Karimun Jawa-Dieng. 

Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata angkatan 2020 dan 2021. Uniknya bagi mahasiswa angkatan 2021 pelaksanaan kegiatan Ini merupakan kegiatan praktik perdana mereka yang sekaligus menjadi volunteer dalam kegiatan praktik kuliah lapangan ini. 

Sedangkan bagi mahasiswa angkatan 2020 yang merupakan mahasiswa semester 4, agenda PKL ini merupakan yang kedua bagi angkatan 2020, mengingat pada januari awal tahun ini mereka juga telah melaksanakan kegiatan PKL di semarang-Yogyakarta.

Kegiatan Praktik Kuliah Lapangan ini dilaksanakan selama 6 hari 3 malam di provinsi Jawa tengah, meliputi Karimun Jawa dan Dieng. Mahasiswa 2020 dan 2021 ditugaskan membuat laporan observasi dan project video di setiap obyek wisata yang dikunjungi.

 Obyek wisata yang dikunjungi selama berada di  Karimun Jawa antara lain Wisata Mangrove, Bukit Cinta, Pulau Menjangan dan Pantai Tanjung Gelam. Selain mengunjungi obyek wisata, mahasiswa Angkatan 2020 berinteraksi dengan Bapak Arief Rachman, yang dipercayakan masyarakat desa sebagai petinggi di Desa Karimun Jawa.

Setelah Karimun Jawa, tujuan selanjutnya adalah Dieng -- Wonosobo. Obyek wisata yang akan dikunjungi yaitu Batu Angkruk untuk melihat sunrise, Kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna.

Dosen Kepemanduan D4 Destinasi Pariwisata, Yusuf, M.Pd mengatakan "Kegiatan PKL ini dilaksanakan agar mahasiswa dapat melaksanakan teori yang diajarkan selama di perkuliahan secara real ". Harapannya, setelah melakukan kegiatan PKL mahasasiswa memiliki bekal kemampuan yang cukup untuk terjun langsung kedalam industry pariwisata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline