Lihat ke Halaman Asli

Lala_mynotetrip

Terus berupaya menjadi diri sendiri

Progress Kecil dalam Olahraga Lari

Diperbarui: 30 Desember 2023   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi & editing template by canva

Enggak terasa ya, sebentar lagi udah mau berpisah sama tahun 2023. Tahun ini tuh ngajarin banget banyak hal, terutama tentang sabar, ikhlas dan konsistensi. Sejak memasuki Januari 2023, rasa nya memang berbeda. Saya mulai resah sama pola hidup dan kesehatan, hingga akhir nya memutuskan rajin olahraga lari. 

Siapa sangka, olahraga lari yang mula nya saya lakukan secara mandiri, muterin area rumah, taman sekitar rumah. Malah berlanjut membawa saya mengikuti beragam event lari. Event lari pertama, bareng sama komunitas lari di Kota Bogor dalam rangka virtual Run Pocari Sweet yang diadakan serempak dibeberapa kota. Saat itu saya ambil 5K (5 Kilo) Ternyata speed lari lumayan juga, 34 menitan 5 kilo selesai dan tanpa ada cidera.

Sampe finish, rasa nya hepi banget. Kenalan sama pelari lain, foto-foto, ngemil aneka refreshment yang sudah disediakan penyelenggara. Ngobrol sama beberapa pelari yang sudah rutin lari, rasa nya seru banget.

Sampe rumah, tentu masih enjoy aja ini kaki. Pas malem barulah mulai terasa agak berat, hehehehe. Jadi inget pas pertama mendaki gunung, rasa nya mirip lah. Kaki area betis, dengkul rasanya pegel nyeri. Besok pagi nya harus jadi anak kereta, pejuang cuan. Langkah rada berat, tapi amanlah. Kenapa gitu? Ini efek Saya datang mepet, enggak sempet ikutan pemanasan, padahal part penting banget.

Dari kegiatan event lari yang pertama itu, saya banyak belajar. Terutama cara buat naikin kemampuan kaki, pertahanan kaki, latihan gerakan yang bikin kaki lebih kuat serta bisa mencegah cidera saat berlari. 

Semenjak lari yang pertama itu juga, Saya jadi ketagihan ikutan event olahraga lari. Lari selanjut nya bareng LPDP, nama event nya LPDP RUN, berlangsung di Ancol. Event nya gratis, dapat jersey. Kemudian berangkat ke Ancol dari Kota Bogor pukul 04.00 WIB, naik kereta pertama dari statsiun Bogor. Sampe lokasi masih aman banget lah, bisa ikutan pemanasan dan agak clingak-clinguk karena enggak janjian sama siapapun. Alhamdulillah, ketemu sama temen komunitas lari yang humble banget jadi nya gabung sama mereka. 

Dari event tersebut, nambah temen, dapat gratis pohon, sarapan dan cemilan serta bisa ikutan aneka games yang tersedia. Habis lari, hepi dan siang nya bergegas pulang. 

Sejak saat itu, setiap weekend selalu menyempatkan diri buat lari baik secara mandiri di sekitaran sempur/kebun raya/alun-alun kota Bogor, atau daftar aneka avent lari. Kurang lebih udah dapat 6 mendali di tahun ini, karena ada beberapa event lari juga yang enggak nyediain mendali buat finisher.

Sebuah progress sederhana yang alhamdulillah bisa di lakukan secara konsisten serta rutin. Malah enggak musingin sama sekali, besok mau lari sama siapa. Berangkat sendirian, di lokasi nambah kenalan, udah gitu enjoy lari, bonus foto-foto pas lari, refreshment, jersey, gimmick produk bahkan goodie bag. 

Inti nya olahraga mengubah hidup saya ke arah yang lebih positif. Saya semakin terbiasa daftar event lari tanpa mencari teman, daftar mandiri aja. Tau-tau di lokasi ketemu temen baru, memperluas relasi. Pertimbangan lari, lokasi, gimmick produk, biaya daftar. Meskipun beberapa event lari malah dapat gratisan jufa, baik dapet giveaway ataupun memang gratis dari pihak penyelenggara. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline