Lihat ke Halaman Asli

Lala_mynotetrip

Terus berupaya menjadi diri sendiri

Konsep Bersahabat dengan Alam

Diperbarui: 27 Juli 2019   07:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Konsep manusia bersahabat dengan alam, memang sudah ada sejak lama bahkan sebagai manusia kita memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan alam. Banyak kerusakan alam yang disebabkan oleh ulah kita para manusia, contoh sederhananya membuang sampah sembarangan (membuang sampah ke sungai) terasa sepele namun dampaknya berkepanjangan. 

Selain menyebab kan aliran sungai tersumbat, banjir, kemudian kerusakan ekosistem air karena sampah plastik yang tidak dapat terurai dalam waktu yang sebentar. Coba dibayangkan ketika membuang sebuah botol minum ke sungai, anggaplah semua orang melakukan hal yang sama. 

Apa yang akan terjadi? Sudah pasti sampah akan menggunung di sungai, air tidak dapat mengalir dengan benar. Ya, banjir dan kerusakan ekosistem seharusnya menjadi intropeksi setiap orang bukan hanya tanggung jawab Pemerintahan. Setiap dari kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga alam dan melestarikannya. 

Hal yang paling sederhana yang dapat kita lakukan : membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, menanam tanaman disekitar rumah atau halaman rumah dengan memanfaatkan media barang bekas sebagai pot dan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam 1-3 pohon berakar kokoh. 

Bersahabat dengan alam perlu dikenalkan terhadap anak semejak dia masih balita, alahmdulillah saat ini sudah banyak sarana Pendidikan yang mengusung konsep Pendidikan alam atau sekolah alam.

Selain untuk mengedukasi anak untuk mengenal alam kita pun sudah berusaha untuk mendekatkan sang anak dengan alam bahkan anak akan lebih peduli untuk menjaga alam. 

Disekolah alam selain konsep Pendidikannya mengenalkan alam sebagai sebuah subjek yang harus dilestarikan, kurikulum nya pun lebih ramah anak. Menerapkan setiap pembelajaran dikaitkan dengan Alam, bahkan tidak jarang melakukan pembelajaran di luar kelas. Dibawah pohon dan menghitung belalang atau tumbuhan disekitar nya, belajar berhitung pun menjadi mudah & menyenangkan. 

Selain itu ternyata konsep kejujuran dan rasa kasih-sayang tertanam dalam benak anak-anak yang bersekolah di Sekolah Alam, ada sedikit cerita dari rekan kerja "ada anak yang ketika ujian itu dia nangis" saya mengerutkan kening "kenapa, sakit atau apa?" Tanya ku heran, "dia nangis, karena lihat temen-temennya nyontrk pas ujian" takjub denger cerita tersebut, masya Allah segitu tertanam kejujuran dalam hati anak tersebut. 

Hanya melihat teman-temannya berbuat hal yang salah pun dia merasa sedih, kemungkinan untuk anak tersebut mencontek dan berbuat tidak jujur itu sangatlah kecil. 

Kemudian sang anak lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, penyayang terhadap semua mahluk termasuk semut yang sering kita bunuh tanpa sebab (mungkin khawatir menakan makanan dirumah kita). 

Selain itu sang anak juga mulai peduli untuk membantu orang tua sesuai kemampuan diusianya, misalnya merapihkan mainan sehabis bermain, menyiram tanaman dihalaman rumah dan mulai belajar membersihkan kamar sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline