Lihat ke Halaman Asli

Marzuqi PW

Mahasiswa

Aksi Kecil Mahasiswa KKN Undip, Lingkungan Sehat Bebas dari Sampah

Diperbarui: 19 Agustus 2020   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto kegiatan kerja bakti persiapan perayaan HUT RI ke-75 | dokpri

SAMPANGAN, KOTA SEMARANG (19/08/2020) -- Dalam masa pandemi ini, Universitas Diponegoro (Undip) mengirim mahasiswanya di seluruh Indonesia untuk mengabdi lewat program KKN di daerah domisili masing-masing. Tema KKN kali ini ialah, "Pengembangan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs)".

Marzuqi Pratama Wijayanto (21), salah satu Mahasiswa KKN Tim II Undip telah melaksanakan kegiatan KKN dari tanggal 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020. Marzuqi mengabdikan diri di sekitar lingkungan rumahnya yaitu di RT-01/RW-VII, Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Walau pandemi COVID-19 masih berlangsung, warga RT-01/RW-VII sudah mandiri dalam mempersiapkan diri menjalankan transisi ke keadaan normal baru (new normal). Aktivitas sehari-hari tetap berlangsung dengan batasan-batasan tertentu dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Sayangnya masih ada sebagian warga yang egois membuang sampah sembarangan, baik di pinggir jalan maupun di saluran drainase. Hal ini yang membuat Marzuqi berinisiatif untuk membersihkan sampah di lingkungannya serta mengajak warga untuk mandiri membuang sampah pada tempatnya.

Pada hari Sabtu (01/08/2020) Marzuqi mulai memunguti sampah yang rutin dilakukannya seminggu sekali atau dua kali. Poster larangan membuang sampah sembarangan juga ditempelkan di tempat yang banyak sampahnya.

Sebelum dan sesudah dibersihkan | dokpri

Di minggu berikutnya, hari Minggu (09/08/2020) Marzuqi mengikuti program kerja bakti dalam rangka persiapan peringatan HUT RI ke-75. Bersama dengan warga, Marzuqi ikut membersihkan lingkungan, mengecat jalan, dan memasang umbul-umbul. 

Program ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Marzuqi juga kembali menempelkan poster baru berupa ajakan disiplin membuang sampah pada tempatnya disamping poster larangan membuang sampah sembarangan, karena masih banyaknya sampah walau telah dibersihkan secara rutin.

Warga mengapresiasi bantuan dari peserta KKN Undip dalam meringankan beban masyarakat semasa pandemi COVID-19. Marzuqi berharap dengan aksi kecilnya membersihkan lingkungan sekitar akan mengurangi resiko warga terjangkit penyakit baik itu COVID-19 maupun penyakit lainnya.

Penulis:
Marzuqi Pratama Wijayanto - Sastra Inggris 2017 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline