Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Belajar Ilmu Komunikasi

Diperbarui: 1 Februari 2016   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sudah beberapa bulan tidak menulis saya rupanya. sekarang, saatnya saya kembali menulis. kali ini saya ingin sedikit berrbagi tentang hal yang berbeda dari tulisan-tulisan saya yang sebelumnya. saya ingin berbagi mengenai spirit mengapa kita harus belajar ilmu komunikasi. 

            Mungkin banyak di antara kita bertanya – tanya “Mengapa kita harus belajar ilmu komunikasi? Bukankah tanpa harus dipelajari, setiap orang sudah dapat berkomunikasi dengan sendirinya? Bukankah komunikasi hal yang mudah, jadi kita tidak perlu mempelajarinya?”. Mungkin ini sedikit pertanyaan kecil di antara banyak pertanyaan mengenai pentingnya ilmu komunikasi untuk dipelajari.

            Jika seorang mahasiswa ilmu komunikasi memiliki cara pandang yang kurang tepat seperti ini, maka akan membuat tahun-tahun kuliahnya tidak mencapai titik maksimal. Karena mereka akan menganggap ilmu komunikasi sebagai ilmu yang mudah, sehingga tidak ada usaha dalam mempelajarinya dan memahaminya. Sehingga mereka juga tidak akan tahu bagaimana menerapkan ilmu komunikasi dalam kehidupannya. Padahal komunikasi dapat mengembangkan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

            Nah, di sini saya akan sedikit berbagi mengenai pentingya ilmu komunikasi dan goal yang harus dicapai setelah kita mempelajari ilmu komunikasi. Berharap, kita semua dapat memiliki cara pandang yang tepat dalam belajar ilmu komunikasi dan membuat kita maksimal dalam mempelajarinya. Sehingga, kita dapat benar-benar memanfaatkan ilmu komunikasi itu dalam kehidupan kita sehari-hari.

1.      Definisi Komunikasi

Beberapa ahli Ilmu komunikasi menjelaskan definisi komunikasi (Mulyana dalam Afdjani 2014).

a.                   Everet M. Rogers

Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud mengubah tingkah laku.

b.                  Gerald R. Miller

Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.

c.                   Carld R. Miller

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline