Lihat ke Halaman Asli

Ars86care Foundation Sukses dengan Kegiatan Corporate Volunteering di Gunung Kidul

Diperbarui: 12 Januari 2017   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

getting-it-done-2-587726b24f9773ae1129fc28.jpg

helman-getting-it-done-587727168923bd7d05a768ad.jpg

hand-painting-5877272c549773e9044e1160.jpg

Indonesia, Desember 2016 - Selama lima tahun berturut-turut, volunteer yang dipimpin oleh Helman Sitohang, Member dari Executive Board dan Chief Executive Officer dari Credit Suisse Asia Pacific, turut mengambil bagian dalam kegiatan volunteering yang diselenggarakan oleh ars86care foundation bersama Credit Suisse pada tanggal 3 Desember 2016. Kegiatan volunteering ini memberikan kesempatan bagi kurang lebih lima puluh staf Credit Suisse, baik dari Jakarta maupun Singapore, untuk bekerja bersama mitra filantropisnya.

Pada kesempatan kali ini para volunteer berpartisipasi dalam pelatihan edukatif dan permainan bersama para siswa di TK PKK Putra Pertiwi, Desa Ngestirejo, serta bersama-sama menyingsingkan lengan baju membuat vertical garden, penanaman pohon dan lubang biopori di lingkungan sekolah. Semua kegiatan ini merupakan bagian dari program Value to Do ars86care foundation dalam hal mempromosikan konsep sekolah ramah anak dan ramah lingkungan. Kegiatan yang melibatkan jajaran eksekutif senior Credit Suisse ini merupakan wujud komitmen para manajemen senior perusahaan untuk secara aktif memberikan dukungan bagi pengembangan komunitas di Indonesia pada umumnya, dan secara khusus mendukung program ars86care foundation dalam meningkatkan akses terhadap pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Empat puluh anak beserta orangtua, para guru dan perangkat desa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, bersama-sama membangun rasa memiliki dan tanggungjawab terhadap penyelenggaraan akses terhadap lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman bagi generasi penerusnya.

Helman Sitohang, CEO Credit Suisse Asia Pacific menyatakan “Credit Suisse meyakini pentingnya dukungan terhadap inisiatif komunitas dalam penyelenggaraan akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Saya gembira bisa bekerjasama kembali dengan ars86care foundation dalam membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang positif bagi anak-anak, dan saya percaya salah satu bentuk investasi terbaik bagi masa depan Indonesia adalah penyediaan akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Tahun ini adalah tahun ke-lima kami mendukung ars86care, dan saya gembira menyaksikan antusiasme para volunteer dari Credit Suisse yang mengunjungi TK PKK Putra Pertiwi di Desa Ngestirejo, berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan bersama anak-anak, bahkan berinteraksi dengan masyarakat setempat.”

Riyadi D. Ekariyanto, anggota dewan Yayasan Arsitek86 Peduli (ars86care foundation) menyatakan, “Dalam memperoleh sekolah yang tepat, program dimulai dengan mengadakan pertemuan dengan mitra lokal dan berdiskusi dengan komunitas sekolah, yaitu para guru, komite sekolah, kepala desa dan orangtua siswa. Yang kemudian dilanjutkan dengan survey lokasi serta kunjungan ke area Gunung Kidul untuk pemeriksaan silang terhadap data yang ada. Sesudah melalui proses seleksi yang panjang, TK PKK Putra Pertiwi dan TK Kartika Wareng adalah merupakan dua kandidat sekolah yang tepat untuk program renovasi sekolah kami di semester ke-2 tahun 2016 ini. Banyak suka dan duka sejak proses seleksi dilakukan, serta proses pembangunan yang totalnya berlangsung lebih  dari satu tahun, namun menyaksikan bantuan ini terealisasi dan bangunan sekolah pertama kali digunakan, merupakan harga yang tak ternilai dan rasanya seluruh kerja keras kami terbayarkan. Kegiatan ini merupakan contoh kolaborasi yang positif, dimana anak-anak dan para relawan dapat bekerjasama, berbagi tawa dan rasa kasih.”

Kegiatan semacam ini merupakan bentuk kemitraan yang kuat antara Credit Suisse , para stafnya serta yayasan di Indonesia. Credit Suisse meyakini pentingnya pemberian bantuan yang lebih dari sekedar bantuan financial semata. Pada setiap kesempatan, perusahaan mendedikasikan sumberdaya yang tersedia untuk memberikan dukungan terhadap misi dan pengembangan setiap mitranya. Di tahun 2015, lebih dari 20.000 staf mendedikasikan 210.000 jam untuk bekerja sebagai relawan.

Sejak tahun 2012, ars86care foundation dan Credit Suisse telah bekerjasama dalam menyediakan akses terhadap fasilitas pendidikan ramah anak yang berkualitas, Dalam kurun waktu lima tahun, sembilan sekolah di Jawa Tengah telah direnovasi atau dibangun melalui program Space to Build dari ars86care foundation dengan bantuan finansial dari Credit Suisse. Program Space to Build merupakan program peningkatan fasilitas fisik dan infrastruktur pada sekolah TK desa, dan penyediaan akses bagi komunitas sekolah mengenai pengetahuan akan hidup bersih dan sehat, sanitasi yang higienis serta peningkatan kepedulian terhadap lingkungan hijau. Sekolah yang dikembangkan seringkali menjadi sarana pertemuan bagi komunitas di sekitarnya, bagi masyarakat dalam membangun kolaborasi antar warga, mencari solusi untuk menjaga keberlanjutan sekolah serta penunjangnya. Dengan kolaborasi yang kuat di antara warga masyarakat, maka para guru mampu terus berkembang, yang berdampak pada peningkatan jumlah murid di sekolah yang bersangkutan.

Credit Suisse

Credit Suisse AG adalah salah satu perusahaan terkemuka yang menyediakan pelayanan dalam bidang keuangan dan merupakan bagian dari Credit Suisse Company. Sebagai bank yang sudah terintegrasi, Credit Suisse juga dapat menawarkan para kliennya konsultasi dan pelayanan dalam bidang private banking, investasi, dan manajemen aset. Credit Suisse juga menyediakan pelayanan jasa konsultasi, mampu menyediakan solusi yang komprehensif, dan produk inovasi kepada perusahaan, institusi, dan individu terkemuka dan eksklusif yang berada di seluruh dunia, juga klien retail di Switzerland. Kantor pusat Credit Suisse berlokasi di Zurich dan beroperasi di lebih dari 50 negara dari seluruh dunia. Perusahaan ini mempekerjakan kurang lebih 48.000 orang. Saham Credit Suisse (CSGN) terdaftar di Switzerland dan juga bentuk American Depositary Shares (CS) di New York. 

ars86care foundation

ars86care foundation dimulai dari kepedulian sekelompok arsitek Indonesia terhadap lingkungan dan meningkatkan kualitas lingkungan sebagai warisan.,bagi generasi penerus bangsa.  Memiliki focus utama pada anak, lingkungan dan pendidikan, misi ars86care foundation adalah menciptakan dan mempromosikan ruang ramah anak untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia. .Untuk mencapai misi ini, ars86care foundation memiliki tiga program utama yaitu Space to Build, Words to Share dan Value to Do. Sejak berdiri pada tahun 2007, yayasan ini telah bekerjasama dengan lebih dari 1000 sukarelawan dalam mewujudkan mimpinya. Lihat lebih lanjut di www.ars86care.org.

[Anjani Sasikirana & Marini Widowati]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline