Lihat ke Halaman Asli

Tips Memulai Bisnis Online

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak orang masih pesimistis memulai bisnis online. Belum banyaknya bukti nyata kesuksesan  di bisnis online menambahkan rasa pesimistis tersebut. Terlebih di indonesia sendiri masih sangat jarang terdengar adanya pebisnis online yang benar-benar sukses menjadi panutan bagi orang lain. Walaupun ada masih sanggup di hitung dengan jari.

Pemikiran sulitnya berbisnis online menjadi halangan bagi sebagian orang untuk memulainya. Kemungkinan besar rasa tidak ingin tahu dan tidak ingin mencoba faktor terbesar halangan tersebut. Namun bila anda mengetahui seluk beluk dan tips berbisnis online, anda pasti segera memulainya.

Berikut ini 6 Tips Memulai Bisnis Online

#1 – Temukan dan Cari Kebutuhan Pasar

Untuk memulai membangun bisnis online sebagai dasarnya anda harus mencari kebutuhan kebanyakan orang. Ini peluang awal untuk meningkatkan keberhasilan produk yang nanti akan anda jual. Selain itu anda bisa mengunjungi forum-forum yang sering mengajukan pertanyaan tentang keluhan kebutuhan mereka, dan anda bisa memaksimalkan peluang tersebut (anda bisa mengunjungi forum belanja). Anda juga bisa mencari keluhan konsumen karena ketidakpuasan saat membeli sebuah produk tertentu, tawarkan produk anda kepada mereka dengan jenis yang sama dan berikan terbaik yang tidak mengecewakan konsumen.

#2 – Desain dan Bangun Website Anda

Langkah berikutnya anda harus lebih menunjukkan keseriusan anda saat menenkuni bisnis online. Desain dan bangun sebuah website sebagai tempat yang menampilkan produk anda. Desain website tidak boleh mencolok, latar berwarna putih lebih baik untuk memudahkan pembeli melihat keseluruhan toko online anda.

#3 – Maksimalkan Mesin Pencari Untuk Mengarahkan Pembeli Ke Situs Anda

Google masih berada tingkat teratas untuk browser pencarian. Bila anda ingin bisnis anda cepat laku dan berhasil, bekerja sama dengan google adword sangat di sarankan. Sistem pay per klik yang di tawarkan google adword tidak terlalu mahal. Bisnis online anda selalu mendapat urutan pertama sesuai keyword yang anda gunakan.

#4 – Membangun Reputasi

Untuk membangun reputasi, anda harus memberikan informasi ke banyak situs lain dan juga menyertakan link di website anda supaya pengunjung yang mencari informasi di website anda juga bisa menyertakan informasi gratis untuk orang lain. Untuk membangun reputasi website online yang maksimal, coba anda menulis konten yang di sertai gambar menarik, video, penjelasan produk yang tidak rumit dan yakinkan konsumen. Membina hubungan dengan konsumen.

#5 – Gunakan Email Untuk Pemasaran Produk

Fumgsi email sangat penting jika anda berbisnis online. Melalui email anda bisa melakukan promosi gratis dan membangun jaringan konsumen. Sekarang email marketing mutlak harus anda maksimalkan agar bisnis online yang anda bangun cepat berkembang.

#6 – Jangan Takut Gagal

Sebelum mencapai kata sukses banyak pebisnis merasakan kegagalan. Seperti pepatah mengatakan kegagalan itu kesuksesan yang tertunda. Begitu juga dengan bisnis online, anda tidak pernah tau pasang surutnya perkembangan dunia online. Selagi anda bisa mencoba jangan pernah takut kegagalan.

anda bisa menjumpai saya di blog pribadi saya www.helozi.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline