Lihat ke Halaman Asli

Kolaborasi KKN Tim II Undip bersama Kelompok Informasi Masyarakat Sukses Memproduksi Film dalam Waktu 5 Hari

Diperbarui: 14 Agustus 2022   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bugel, Salatiga (14/08/2022) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Komunikasi dan Informatika berupaya untuk melaksanakan pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial salah satunya berupa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang merupakan komumitas yang bisa mewadahi aspirasi sekaligus menyebarluaskan informasi sesuai kebutuhan masyarakat di sekitarnya.

Pemberdayaan yang diusung oleh Pemerintahan Jawa Tengah bersama Diskominfo ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan informasi KIM sekaligus mempererat kemitraaan antara KIM dengan pemerintah daerah. 

Seperti yang kita ketahui, dengan adanya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) disetiap daerah terdapat beragam media dengan kreativitas yang beragam pula, sebagai gatekeeper dan stakeholder penting dalam rangka membangun edukasi dan literasi masyarakat.

Wujud kreativitas Diskominfo Jateng dapat kita lihat pada pergelaran lomba film pendek untuk KIM. Lomba tersebut bertujuan untuk memberikan informasi yang kreatif dan tidak membosankan bagi masyarakat. Film yang diangkat dalam film ini juga harus menggunakan bahasa setempat untuk mempertahankan kearifan lokal yang ada. 

Lomba film yang digelar ini, diharapkan dapat menjadi media penyampaian informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

TIM KKN II UNDIP dalam hal ini turut berpartisipasi dalam proses pembuatan film pendek yang berjudul "Pasti Ada Jalan". 

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang mantan security disalah satu perusahaan yang sukses dalam mengembangkan usaha kripik tempe bersama anak dan istrinya melalui media online walau ditengah gempuran pemulihan ekonomi pasca covid-19.

Produksi film ini dilakoni oleh Ketua RW 02 beserta istri sebagai Pak Slamet dan Bu Sri. Kemudian beberapa deretan aktor lainnya:

Arif sebagai Ical, anak Pak Slamet dan Bu Sri;

Dani sebagai Bagas, teman Ical;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline