Lihat ke Halaman Asli

3 Fakta Menarik tentang Guitar

Diperbarui: 16 November 2021   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

PERTAMA, orang yang bisa bermain gitar itu sebenarnya hanya memiliki sedikit bakat dalam memainkannya namun dia bisa karena latihan. Dikarenakan bermain gitar itu sama seperti kita sedang mengendarai sepeda semakin kita cermat dalam mengayuh nya maka sepeda itu akan semakin cepat dan begitu pun sebaliknya. 

Jika bermain gitar kita tidak pernah latihan itu hal yang mustahil karena kalau tujuan nya untuk menjadi guitaris kalian harus latihan dengan giat. Yngwie Malmsteen pernah berkata bahwa dia menghabiskan 12 jam dalam sehari hanya untuk melatih bakat nya dalam bermain gitar. Jadi bisa disimpulkan bahwa bermain gitar itu 1% bakat 99% latihan.

KEDUA, bermain gitar dapat menjadi tempat pelampiasan yang baik. Karena setiap kita memainkan nada-nada pada gitar dengan emosi dan perasaan yang berbeda akan menghasilkan penyampain nada yang berbeda juga. Ada sebuah emosi yang dapat disalurkan oleh alat musik gitar ini. 

Contoh nya musik-musik dengan nada minor yang dipastikan nada-nada yang dihasilkan ialah kebahagian dan juga ada nada minor biasanya nada-nada yang dihasilkan tentang kesedihan dalam berbagai hal. 

Lalu setiap orang memiliki penyampain nada-nada yang berbeda atau dapat bisa disebut memiliki ciri khas. Misal guitaris bernama Eric Clapton dia dikenal dengan sebutan Mr. Slowhand dikarenakan nada-nada pada permainan gitar nya sangat santai namun megah , tangan kanan nya sangat baik dalam memetik senar-senar yang ada pada gitar.

KETIGA, alasan ilmiah mengapa bermain gitar itu sangat dianjurkan. Penelitian di University of Utah mengatakan bahwa mendengarkan musik atau memainkan nya sendiri dapat mengalihkan pikiran anda ,sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. 

Penelitian ini menjadi kuat dikarenakan pernah ada seorang guitaris asal afrika selatan dia bernama Musa Manzini ia menjalani operasi otak dalam kondisi sadar sambil memainkan gitar. "Rasanya seperti ada obor di dalam kepala," kata Musa. "Dokter benar-benar berada di dalam otak saya!".

Sebenarnya masih banyak beberapa alasan ilmiah yang ingin saya bahas namun sangat banyak sekali jadi saya berikan satu contoh saja yang sudah ada pembuktian nya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline