Guru merupakan model yang hendak ditiru oleh siswa dalam tutur kata, adab, tingkah laku, dan dalam segala tindakan yang dilihat oleh siswa sehingga guru harus betul-betul menjadi tauladan yang diharapkan, namun dalam proses pembelajaran guru membutuhkan berbagai model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan belajar yang menyangkut sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung. Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan pendekatan ruang kelas yang dinamis di mana diyakini bahwa siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih dalam melalui eksplorasi aktif tantangan dan masalah dunia nyata. Dalam kurikulum merdeka disarankan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Bojongsari dalam upaya membantu peserta didik dalam memahami implementasi model pembelajaran berbasis proyek di era kurikulum merdeka dengan tujuan peserta dapat mengimplementasikan Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran di kelas masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di objek wisata Sanggaluri Park Purbalingga. Kegiatan ini juga sebagai upaya mengenalkan potensi wisata daerah kabupaten Purbalingga kepada siswa. Hasilnya peserta mendapatkan gambaran yang cukup untuk memahami dan mengimplementasikan PjBL di era kurikulum merdeka.
Selama ini peserta didik bersifat pasif dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung mendengarkan, merangkum tugas, dan menghafalkan rumus tanpa mengetahui konsep. Padahal Pengembangan diri, kreativitas dan bakat perlu dikembangkan pada diri peserta didik untuk menjadikan mereka individu yang kreatif melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Model pembelajaran Project Based Learning sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka agar peserta didik memiliki pengalaman yang lebih berharga dan dapat bersifat kritis dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam model pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator dan mengevaluasi hasil produk atau penemuan peserta didik yang ditampilkan melalui proyek yang telah dikerjakan.
Menurut Goodman dan Stivers (2010), Project Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang dibangun untuk memberikan tantangan kepada peserta didik terkait kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara kelompok.
Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan menggunakan project sebagai media pembelajarannya. Model pembelajaran berbasis project tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga menekankan pada proses untuk memecahkan masalah dan akhirnya menghasilkan sebuah produk. Penerapan model pembelajaran ini diharapkan mampu membuat peserta didik memiliki pengalaman berharga.
Tujuan Pembelajaran Project Based Learning
Penerapan model pembelajaran berbasis project memiliki beberapa tujuan yang harus diperhatikan, yaitu:
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah berbasis project;
Memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran;