Lihat ke Halaman Asli

Komitmen Menulis di Blog

Diperbarui: 7 September 2022   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Menulis butuh komitmen. Kata-kata itu sering sekali kita denger. Yes aku sepakat, bahkan pake banget tapi bagaimana menumbuhkan komitmen dalam menulis di blog ? Itu pertanyaan yang berkecamuk dalam pikiran. Karena biasanya kita yang berkomitmen untuk suatu hal tapi kita juga yang mengingkari komitmen tersebut, sudah seperti judul lagu saja kau yang berjanji kau yang mengingkari.

Membangun komitmen menulis itu bukan hal mudah, komitmen itu harus dibangun, diperjuangkan dan diusahakan, saat kemalasan melanda, saat pekerjaan sekolah menggunung, saat pekerjaan rumah menanti dengan setia, saat anak menangis tantrum menginginkan sesuatu, dan saat masalah lainnya datang, menulis menjadi beban berat yang membutuhkan perjuangan luar biasa, dan hal ini tidaklah ringan.

Bapak Dedi Dwitagama narasumber malam ini beliau Lahir di Jakarta, 28 Nopember 1964. Membahas tentang komitmen menulis di blog.

Mulai menulis adalah langkah awal untuk menjadi penulis. hanya yang mau menulislah yang akan menjadi penulis, tidak ada sejarahnya orang yang tidak suka menulis tiba-tiba menjadi penulis. Berapa banyak dari kita yang ingin jadi penulis tapi malas banget kalau disuruh nulis? Padahal, perjalanan seribu mil dimulai dari langkah pertama. Begitu pun sebuah buku dimulai dengan menuliskan kata dan kalimat pertama.

Begitu ada ide tulislah walau satu baris, lalu berikan gambar sebagai pendukung artikel, langkah ini sering menolong kebuntuan menulis dan membuat kata demi kata mengalir tak terasa, atau saat ide tiada berkunjunglah ke blog-blog orang lain kemudian meninggalkan komentar di blog orang lain, hal ini untuk mendatangkan pengunjung dan tidak sungkan untuk berkomentar

Membentuk komitmen ngeblog gampang saja begitu kata narasumber, posting saja terus nggak usah pikirin kwalitas, itu akan otomatis terbentuk sesuai perjalanan waktu. menulis di blog batasannya sama seperti menulis di dunia nyata, jangan menyinggung perasaan pihak lain, tebarkan kebaikan yang bermanfaat buat banyak orang, itu batasan menulis di blog.

Pengertian Blog
Menurut Bapak Dedi Blog adalah bentuk aplikasi website yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. 

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.  keutamaanya  sama, hanya penampilannya yang berbeda sesuai kreatifitas pemiliknya

Menulis di Blog seperti menulis dibuku catatan harian. blog adalah diary atau catatan harian dan yang bisa dipublikasikan di internetdan dibaca oleh orang sedunia.

Manfaat Menulis di Blog :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline