Lihat ke Halaman Asli

Rencana Pengembangan Usaha "Si Engkong"

Diperbarui: 29 Mei 2019   00:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Si Engkong merupakan Plastik yang terbuat dari sari pati singkong sehingga mengusung konsep plastik yang ramah lingkungan. Si Engkong di desain dalam satu box yang berisikan 10 plastik ukuran medium. Berikut merupakan rencana pengembangan produk Si Engkong:


     1. Pengembangan atau penambahan varian produk

Saat ini, tim Si Engkong memproduksi plastik Si Engkong ukuran M. Plastik tersebut dikemas dengan kardus pillow box, dimana satu box berisikan 10 plastik Si Engkong. Setelah melihat pasar plastik Si Engkong selama exhibition, ternyata cukup banyak konsumen yang tertarik dengan produk Si Engkong. Bahkan, ada beberapa konsumen yang memiliki usaha sendiri tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Si Engkong dengan maksud ingin melakukan kerjasama B2B (Business to business)

Hampir setiap harinya, produk Si Engkong yang telah disiapkan untuk pembelian on the spot laku terjual seluruhnya (sold out). Setelah melihat permintaan yang cukup tinggi, tim Si Engkong mencoba untuk memperluas pasar melalui penambahan varian produk Si Engkong. Rencana varian produk baru Si Engkong yakni toilet seat cover yang berbahan dasar pati singkong. 

Apabila selama ini tim Si Engkong hanya menjual plastik berbahan pati singkong sebagai tas belanja, kini tim Si Engkong ingin melakukan menambah jenis produk melalui toilet seat cover, sehingga ada dua jenis plastik Si Engkong, yakni berbentuk tas belanja dan toilet seat cover. 

Pemilihan toilet seat cover dikarenakan perlunya cover saat menggunakan toilet duduk untuk menghindari kuman-kuman penyakit yang menempel di toilet duduk. Penggunaan cover tersebut sangat penting bagi pengguna toilet duduk demi kebersihan dan kesehatan tubuh. Toilet seat cover juga diproduksi dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan tisu di toilet, yang terkadang penggunaannya digunakan secara berlebihan untuk membersihkan toilet sebelum menggunakannya. 

Toilet seat cover tersebut rencananya akan dikemas sesuai dengan packaging Si Engkong sebelumnya, yakni menggunakan kardus box dan berisikan 10 plastik toilet seat cover. Pengemasan dengan box bertujuan agar pengguna toilet seat cover tersebut dapat membawa Si Engkong toilet seat cover kemanapun dan kapanpun dengan efisien dan simple, sehingga toilet seat cover tersebut siap digunakan saat dibutuhkan. 

  1. Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Segmentasi pelanggan (customer segmentation) adalah pembagian pasar kedalam kelompok pelanggan yang spesifik. Segmentasi pelanggan dapat dikatakan efektif apabila sebuah perusahaan dapat menyesuaikan layanan atau produknya dengan segmen terkait. Pengembangan segmen pelanggan produk Si Engkong berdasarkan empat segmen, yakni:

1. Segmentasi Demografis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline